• Artikel Tetang Perkembangan Biji dan Bakal Buah BIOLOGI SMA

    Hai guys lama sudah tidak pernah saya menuis artikel di blog ini, untuk itu hari ini saya akan mengshare artikel menngenai "Perkembangan Biji dan Bakal Buah Kelas 11 SMA " di artikel ini saya akan membagikan mengenai perkembangan endosperm, perkembangan embrio,  struktur biji yang matang, dan perkembangan bakal buah. 

    Artikel Tetang Perkembangan Biji dan Bakal Buah BIOLOGI SMA
    Artikel Tetang Perkembangan Biji dan Bakal Buah BIOLOGI SMA 


    Angiospermae mengalami pembuahan ganda. Pembuahan ganda menghasilkan zigot dan endosperm. Setelah terjadi pembuahan ganda, bakal biji akan berkembang menjadi biji dan bakal buah akan berkembang menjadi buah yang melindungi biji.

    Baca Juga :



    Perkembangan bakal biji 

    Bakal Biji akan tumbuh dan berkembang menjadi biji. Di dalam bakal biji terdapat zigot dan endosperm. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjad embrio.

    Perkembangan Endosperm 

      Endosperm tumbuh dan berkembang lebih dahulu dibandingkan pertumbuhan dan perkembangan embrio. Endosperm kaya akan cadangan makanan. Cadangan makanan terseut digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio. Pada sebagian besar tumbuhan monokotil, endosperm berisi cadangan makanan yang dapat digunakan sapai terjadinya perkecambahan.  Pada beberapa tumbuhan dikotil, cadangan makanan diberkan kepada kotiledon (daun biji) sebelum biji tumbuh dan berkembang lebih lanjut. 


    Perkembangan Embrio 


    Pertumbuhan dan perkembangan embrio diawal dengan pembelahan zigot secara mitosis menghasilkan sel basal dan sel teriminal. Sel basal berkembang menjadi suspensor. Suspensor berfungsi sebagai penghubung antara embrio dan kulit bakal biji, serta mengalirkan nutrien dari tumbuhan induk atau dari endosperm. 

    Sel terminal berkembang menjadi proembrio yang melekat pada suspensor Kotiledon mulai berkembang membentuk tonjolan pada embrio yang juga diikuti perkembangan  embrio Embrio berkembang membentuk ujung batang serrta ujung akar. 

    Struktur biji yang matang

    Selama pematangan biji, biji mengalami pengurangan kandungan air sampai tinggal 5% - 15% dari berat biji. Selanjutnya embrio berhenti berkembang sampai biji mengalami perkecambahan. Biji yang matang mengandung embrio yang dikelilingi kotiledon, endosperm, atau keduanya. Biji dilindungi oleh kulit biji.

    Tumbuhan dikotil memliki dua kotiledon. Pada perkembangan embrio tumbuhan dikotil, akan terbentuk epikotil dan hipokotil. Epikotil letaknya berada di atas kotiledon. Di ujung epikotil terdapat plumula, yakni berupa ujung batang dan sepasang calon daun.

    sedangkan hipokotil terletak di bagian bawah kotiledon. Hipokotil berujung di calon akar (radikula) sementara itu, pada tumbuhan monokotil hanya terdapat satu kotiledon. kotiledon pada beberapa tumbuhan monokotil disebut dengan skutulum . Skutulum sangat tipis dan letaknya tertekan oleh endosperm. 

    Skutelum menyerap nutrien dari endosperm selama perkecambahan Embrio pada rumput-rumputan dikelilingi oleh koleoriza dan koleoptil. Koleoriza melindungi calon akar sedangkan koleoptil melindungi calon batang. 


    Perkembangan Bakal Buah 

    ketika bakal biji berkembang menjadi biji, bakal buah berkembang menjadi buah. Buah bersungsi melindungi biji ketika biji dipencarkan oleh angin atau hewan. Buah mulai  berkembang setelah terjadinya penyerbukan. Penyerbukan merangsang perubahan hormon yang menyebabkan bakal buah berkembang .

    Dinding bakal buah berkembang menjadi perikarp (perikarp adalah bagian dinding buah yang palin tebal ) . Pada saat bakal buah berkembang, bagan bagian bunnga yang lain gugur. Jika pada suatu bunga tidak terjadi penyerbukan, buah tidak akan berkembang dan semua bagian bunga gugur dari tangkainya. 


    Terimakasih sekiana artikel saya dengan judul "Artikel Tetang Perkembangan Biji dan Bakal Buah BIOLOGI SMA " Semoga artikel saya tentang Perembangan biji dan bakal buah bermanfaat bagi anda. Terimakasih , silahkan baca artikell pelajaran lainya di sini ya. 
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014