• Macam macam Nilai Sosial Beserta Penjelasan dan Contoh

      Hari ini saya akan memberikan sebuah artikel IPS sosiologi mengenai nilai sosial, sebelum saya memberikan artikel mengenai macam macam nilai sosial kalian harus tahu dahulu mengenai apasih yang dimaksud dengan nilai sosial itu.

    Macam macam Nilai Sosial
    Ilustrasi - Macam macam Nilai Sosial Beserta Penjelasan dan Contoh


    Jadi yang dimaksud dengan Nilai sosial adalah : Menurut Soerjono Soekanto : Nilai adalah konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk.  Jadi itu yang dimaksud dengan nilai.

    Okay langsung saja ke macam macam nilai sosial :

    Macam Macam Nilai Sosial : 

    Di tinjau dari sifatnya, Nilai nilai sosial dibedakan menjadi dua yakni : 
    1. Nilai Objektif (Bersifat Umum )
      Yaitu
      nilai yang diyakini kebaikan dan kebenarannya oleh seluruh anggota masyarakat sehingga menjadi ukuran atau patokan secara kolektif.
      Contohnya : Menghormati orang tua adlah nilai yang bersifat umum karena harus dilakukan oleh semua orang terhadap kedua orang tuanya.
    2. Nilai Subjektif
      Yang dimaksud nilai subjektif yaitu nilai yang mementingkan pertimbangan individu, berdasarkan ukuran ukuran mengenai kebaikan dan kebenaran seseornag dalam menentukan sikap dan perilakunya. Contohnya : Meskipun menghormati Ayah dan Ibu termasuk nilai yang bersifat umum, namun setiap orang mempunyai perbedaan untuk menghormati kedua orangtuanya. Misal si A melakukannya dengan cara membeli barang barang yang diperlukan oleh orangtuanya, lalu si B Bertingkah laku secara sopan kepada kedua orangtuanya, lalu si c melakukan dengan cara menitipkannya ke panji jompo , dan cara lain sebagainya.

    Ditinjau dari isinya, nilai nilai sosial dibedakan menjadi : 
    1. Nilai Estetis  
      Yaitu nilai yang menyangkut ekspresi dan rasa kejiawaan keindahan, misalnya terhadap karya karya design dan seni.
    2. Nilai Religius 
      Yakni nilai yang berkaitan dengan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Misalnya Masjid, Gereja, Pura dianggap sangat bernilai karena berhubungan dengan keimanan dan keyakinan seseorang terhadap Tuahn Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianutnya.
    3. Nilai Etis
      Lalu
      Ada nilai Etis Adalah nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang menyangkut perilaku yang terpui. Misalnya : menghormati ayah dan ibu, menyantuni anak yatim. 

    Ditinjau dari ciri-cirinya, nilai0nilai sosial dapat dibagi menjadi 2 macam yakni : 

    A. Nilai Dominan

    Yaitu nilai yang dianggap lebih penting dari nilai nilai lainya. 
    Ukuran dari dominan atau tidaknya suatu nilai didasarkan pada nilai nilai berikut : 
    1. Banyaknya orang yang menganut nilai tersebut
      Contoh : Pada waktu terjadinya reformasi sebagian masyarakat Indonesia menghendaki adanya perubahan ketimbang mempertahankan status quo.
    2. Berapa lama nilai tersebut dianut oleh anggota masyarakat.
      Contoh : Sejak dahulu masyarakat Jogja dan Surakarta melaksanakan tradisi sekaten untuk memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW di alun- alun utara keraton
    3. Tinggi rendahnya usaha orang atau masyarakat untuk dapat melaksanakan nilai tersebut.
      Contoh :
      Orang Inidonesia pada umumnya berusaha pulang kampung (mudik) di hari hari besar keagamaan , seperti halnya Hari Raya idul Fitri
    4. Prestise atau kebanggaan bagi orang yang melaksanakan nilai tersebut.
      Contoh : Memiliki mobil dengan merk terkenal dapat memberikan prestise atau kebanggaan tersendiri.

    B. Nilai Mendarah Daging

    Yaitu nilai yang telah menjadi kepribadian atau kebiasaan sehingga ketika seseorang nelakukannya kadang tidak melalui proses berfikir atau pertimbangan lagi. Biasanya nilai ini telah tersosialisasi sejak seseorang masih kecil. Umumnya bila nilai tidak dilakukan, ia akan merasa malu, bahkan akan merasa sangat bersalah.
    Contoh : orang tua yang melihat anaknya ditangkap polisi karena mencuri, ia akan merasa bersalah karena dianggap lalai dalam mendidik anak. 

    Ditinjau dari fungsi penyatuan masyarakat, nilai nilai sosial dibedakan menjadi : 
    1. Nilai Nilai Asosiatif
      Yaitu nilai nilai yang mendorong terwujudnya kerja sama, asimilasi, ataupun akomodasi diantara orang perorang atau kelomopok dalam masyarakat.
      Contoh : sikap menghargai orang lain, merupakan sikap yang sangat bernilai akrena dapat mendorong kerjasama dengan orang lain.
    2. Nilai nilai Disasiatif
      Yaitu
      nilai nilai yang mendorong timbulnya konflik (pertentangan) dalam masyarakat.
      Contoh : Sikap mau menangnya sendiri, merupakan sikap yang tidak mempunyai nilai akrena dapat mendorong terjadinya konflik dengan orang lain.

    Max Sheller Membedakan jenis jenis nilai yang ada dalam kehidupan masyarkaat ke dalam empat jenis, yaitu : 

    1. Nilai nilai kenikmatan
      Yakni
      nilai-nilai sosial yang menyebabkan seseorang memperoleh kenikamatan serta kesenangan . Seperti kegembiaraan, kesuksesan dan lain sebagainya.
    2. Nilai nilai kehidupan
      Yakni nilai nilai sosial
      yang paling penting bagi kehidupan masyarakat. Seperti kesehatan, kesejahteraan umum, saling pengertian , keharmonisan dan lain sebagainya.
    3. Nilai nilai kejiwaan
      Yakni Nilai nilai sosial yang berhubungan dengan kejiwaan dan perasaan seseorang. Misal nya nilai keindahan, kehalusan budi dan kebenaran.
    4. Nilai nilai kerohanian
      Yakni nilai-nilai sosial yang berhubungan dengan moralitas yang bersumber pada ajaram Tuhan melalui Kitab suci.

    Terima Kasih telah membaca artikel kami dengan judul " Macam macam Nilai Sosial beserta Penjelasanya serta Contoh " Semoga artikel kami mengenai Macam Macam Nilai Sosial ini bermanfaat untuk anda. Untuk artikel selanjutnya akan kami lanjutkan mengenai Jenis jenis nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat menurut para ahli. Sekian terima kasih.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014