• Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun - IPS

    Hari ini saya akan memberikan artikel singkat menganai Pelajaran Ips dengan judul yakni "Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun - IPS" Di artikel ini saya akan memberikan artikel singkat mengenai Pemberontakan PKI di madiun dengan foto foto yang saya carikan melalui sumber sumber tertentu. Berikut artikel nya

    Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun - IPS
    Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun - IPS

    Pembertontakan PKI di Madiun

    Masa Kabinet Hatta, Amir syarifudin membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) pada tanggal 22 Juli 1948 sebagai oposisi terhadap kabinet Hatta. Sekembalinya dari Moskow, Muso mendirikan Partai Komunis Indonesia atau dapat disingkat dengan nama PKI. FDR dan PKI bergabung untuk merencanakan suatu perebutan kekuasaan yang diawali dengan aksi propoganda anti pemerintah dan serangkaian aksi teror di beberapa tempat. Puncak aksi PKI adalah Pmbertontakan terhadap pemerintahan RI pada tanggal 18 septemebr 1948 di Madiun. 



    Upaya PKI untuk sementara berhasil dengan diumumkan berdirinya "Soviet Republik Indonesia." Pemerintah menumpas gerakan ini dengan operasi militer yang dipimpin oleh Kolonel Gatot Subroto. Tanggal 30 September 1948 pemberontakan PKI berhasil dipadampak, Musso tertembak mati, dan Amir Syarifudin berhasil ditangkap dan dijathui hukuman mati.

    Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun - IPS
    Musso tertembak mati

    Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun - IPS
    Amir Syarifudin


    Terimakasih sekiana artikel saya dengan judul "Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun - IPS" Semoga artikel yang kami ebrikan ini bermanfaat agi anda. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dari artikel yang kami berikan ini, trimakasih.
  • 13 komentar:

    1. Serasa di ingatkan kembali dengan masa sekolah dulu gan :)

      BalasHapus
    2. Semoga PKI tidak kembali ke bumi Indonesia, bikin puyeng nanti. hehe

      BalasHapus
    3. PKI emang jahat banget ya

      BalasHapus
    4. wah mantaf membantu banget buat tugas saya :)

      BalasHapus
    5. Muso tertembak mati di daerah mana gan

      BalasHapus
    6. Foto orang yang digantung akan dipukul itu adalah foto milik Neal Ulevich yang pada tahun 1977 berhasil memenangkan Pulitzer Prize . Gambar ini merupakan foto kebrutalan yang dilakukan Field Marshall Thanom Kittikachorn seorang diktaktor yang ingin kembali menguasai Thailand. Kembalinya diktator militer dari pengasingan memicu protes sangat keras dari demonstran yang sebagian besar mahasiswa. Para demonstran dan mahasiswa akhirnya dipukuli, dimutilasi, ditembak, digantung dan dibakar, salah satunya yang tergambar pada Foto diatas. silahkan lihat link http://www.ap.org/company/pulitzers dan https://devanjoseph.wordpress.com/2010/12/07/pulitzer-prize-photo/

      BalasHapus
    7. Balasan
      1. Sama sama, jangan lupa share ya , trimakasih

        Hapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014