• Masa Penduduk Jepang di Indonesia - IPS Sejarah

    Sudah lama saya tidak menulis artikel di blog ini di karenakan saya sangat sibuk sekali, artikel yang saya posting hari ini adalah tentang Sejarah pelajaran IPS kelas 9, yaitu dengan judul Masa Pendudukan Jepang di Indonesia berikut adalah artikelnya.

    Baca Juga : Daftar Nama 34 Provinsi Di Indonesia Lengkap Beserta Ibukotanya

    Masa Pendudukan Jepang di Indonesia


    Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

    Sejak dihancurkannya pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat tepatnya di Pearl Habour - Hawaii tanggal 7 Desember 1941, Jepang mulai memaklumkan Perang Asia TImur Raya atau Perang pasifik. Pertempuran demi pertempuran Terus merambat ke arah selatan. Nama Perang Asia Timur Raya menggambarkan cita cita jepang untuk menjajah wilayah yang cukup luas dan kaya akan sumber alamnya. Hanya dalam waktu sekitar 4 bulan Jepang sudah dapat menguasai Asia Tenggara termasuk negara Indonesia.

    Gambar Pearl Habour Pangkalan AS 10 October 1941
     Pearl Habour Pangkalan AS 10 October 1941

    Pearl Harbour di Bom 7 desember 1941
    Pearl Harbour di Bom 7 desember 1941


    Pada bulan Januari, Tarakan berhasil dikuasai negara Jepang kemudian Menyusul Minahasa, Sulawesi, Timor, Balikpapan, dan Ambon. Lalu di bulan Februari 1942 giliran Pontianak, Makasar, Banjarmasin, Palembang, dan Bali juga berhasil dikuasai. Demikian juga halnya dengan Pulau Jawa juga tidak luput dari serangan Negara Jepang. 

    Pada tanggal 1 maret 1942, Jepang mendaratkan pasukanya di 3 tempat yaitu Teluk Banten, Eretan Wetan (Keduanya di Jawa barat) dan Karanggan Jawa tengah. Pada tanggal 5 maret 1942 jantung kekuasaan Belanda di Batavia Jatuh, serta disusul Bandung pada tanggal 8 maret 1942. Akibat dari desakan jepang yang terus bergerak menghancurkan penjajah Belanda maka Gubernur Jendral Hindia Belanda. Tjarda Van Starkenborgh Stachouwer dan panglima tertinggi tentara KNILL Letjen Ter Porten menyerah kepada Panglima balatentara Jepang yaitu Jenderal Imamura di Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Dengan ini tamatlah sudah riwayat penjajahan di negara Indonesia yang sudah berlangsung sekitar 350 tahun lamanya.


    Tjarda Van Starkenborgh Stachhouwer 
    Jendral Imamura
    Jendral Imamura 


    Jepang sangat Pandai mengambil hayi rakyat Indonesia sehingga kedatangannya disambut gembira sebagai pembebas dari penjajah bangsa barat. Sikap simpatik jepang ditunjukkan dengan menebarkan janji janji dan mengaku sebagai saudara tua. Semboyan 3A yaitu : Nippon Pemimpin Asia, Nippon Cahaya Asia, dan Nippon Pelindung Asia selalu didengungkan. Tindakan bersahabat lainya ditunjukan dengan membebaskan para pemimpin pergerakan yang ditawan Belanda. Para pemimpin pergerakan diberi kebebasan untuk berorganisasi dan jepang berjanji akan memberikan hak menentukan nasib sendiri untuk rakyat Indonesia.

    Setelah jepang mengambil alih kekuasaan, maka di Indonesia di atur dengan sistem pemerintahan militer :
    1. Jawa dan Madura dengan pusat Jakarta di bawah kekuasaan Angkatan Darat (Rikugun)
    2. Sumatra dengan pusat Bukittinggi di bawah kekuasaan Angkatan Darat (Rikugin)
    3. Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, serta Irian dengan pusat Makasar di bawah kekuasaan Angkatan Laut (kaigun)


    *(sumber : LKS IPS terpadu SMP ) Trimakasih sekian artikel dari kami dengan sumber dari LKS dengan judul Masa Penduduk Jepang di Indonesia semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda. Tunggu artikel selanjutnya


  • 8 komentar:

    1. Wah, ternyata Jepang ngebom Pearl Harbour dulu sebelum ke Indonesia. Thanks ya infonya :)

      BalasHapus
    2. wahhh lengkap inih penjelasan mengenai pendudukkan jepang di indonesianya sangat lengkap sekali :) saya jadi ingat masa masa sd dulu nih :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. :) trimakasih atas kunjungan dan komentarnya, silahkan di baca artikelnya tentang masa-penduduk-jepang-di-indonesia

        Hapus
    3. tadinya pelajaran ini sudah lupa sama sekali, ini dibahas lagi tentang mata pelajaran IPS, lengkap dan mendetail lagi, save langsung dech.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Trimakasih banyak atas kunjungannya juga :) dan komentarnya di artikel masa-penduduk-jepang-di-indonesia :)

        Hapus
    4. wah saya dulu selalu remidi klo IPS, klopnya di IPA haha

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ngga apa apa mas remidi :) yang penting jangan keterusan :D

        Hapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014