• Kerja sama Negara anggota ASEAN di Berbagai bidang

    Hari ini saya akan berbagi artikel tentang PPKn dengan judul Kerja sama Negara anggota ASEAN di Berbagai bidang , di artikel ini saya akan memberikan berbagai Bidang kerja sama anggota asean, berikut artikelnya.




    Mengacu pada deklarasi bangkok pada tanggal 8 Agustus tahun 1967 bahwa setiap negara anggota ASEAN  harus mendirikan sebuah Sekretariat Asean di negara masing masing. Di indonesia sendiri Sekretariat ASEAN dibentuk pada tanggal 5 Desember 1967.

    Tugas dari sekretariat Nasional ASEAN adalah sebagai berikut :

    1. Memberikan rekomendasi kepada mentri luar negri megenai kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi dan non ekonomi.
    2. Melaksanakan dan membantu penyelenggaraan sidang sidang masing masing ASEAN
    3. Mengadakan Koordinasi dengan instasnti instansi pemerintah dan organisasi non pemerintah mengenai perencanaan dan pelaksanaan kerja sama antar -ASEAN dan Antara ASEAN dengan berbagai organisasi regional lainya atau dengan negara negara keriga.
    4. Menyusun rencana kerja nasional dengan melaksanakan program program kerja sama ASEAN.
    5. Melaksanakan koordinasi dan mengikuti serta menunjang komite ASEAN yang berada di Indonesia.


    Berikut iadalah kerja sama negara negara ASEAN dalam berbagai bidang :


    1. Kerja Sama dalam Bidang EKonomi.

    Dalam Deklarasi Kesepakatan ASEAN dinayatakan ada beberapa program kerja sama di bidang ekonomi, antara lain sebagai berikut :
    • Komoditi utama, terutama pangan dan energi
    • Kerja sama dibidang industri
    • Kerja sama di bidang perdagangan.

    Kemudian para menteri Ekonomi ASEAN menyetujui pembentukan lima Komite Ekonomi yang mengenai sektor sektor, sebagai berikut : 

    • Sektor Perdagangan dan Pariwisata
      Kegiatan di sektor perdagangan dan pariwisata telah mencapai banyak hal antara lain diberlakukanya Perjanjian Preferensi Perdagangan (PTA) Baca juga : Pengertian dan Tujuan perdagangan Internasional

    • Sektor Pangan, pertanian, dan kehutanan
      Sesuai dengan kesepakatan ASEAN bahwa program kerja sama yang sangat penting adalah bidang pangan ASEAN harus memiliki cadangan beras untuk keperluan darurat tanpa terlalu mempersoalkan masalah harga. Baca juga : komoditas-ekspor-dan-impor-di-indonesia
    Sektor ini juga menangani bidang bidang yang saling berkaitan, yaitu sebagai berikut :
    • Penyediaan pupuk.
    • Karantina hewan dan tumbuhan
    • Kebutanan yang meliputi :
      1) Konservasi dan pengautran sumber sumber hutan
      2) produksi, pemrosesan dan pemasaran
      3) Penelitian dan pengenmabang
      4) Serta pendidikan dan pelatihan
    • Perikanan
    • Tanaman pangan
    • Peternakan
    • Industri, pertambangan, dan energi 
    • Keuangan dan perbankan
    • Transportasi dan komunikasi.

    2. Kerja sama di Bidang Sosial dan Budaya

    Kerja sama antar negara ASEAN di bidang sosial dan budaya antara lain bisa mengadakan kegiatan pesta olahraga antar negara di Asia tenggara Seperti Sea Games. Sesuai dengan Deklarasi KEsepakatan ASEAN  ditetapkan kerja sama yang lebih bai untuk bidang berikut ini.

    A. Sosial

    Kerja sama di bidang sosial meliputi :
    1. Bidang pembangunan sosial dengan menekan pada kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran (upah) yang wajar.
    2. Bantuan terutama kepada kaum wanita, dan pemuda dalam usaha usaha pembangunan
    3. Menanggulangi masalah masalah perkembangan penduduk dengan bekerja sama dengan badan badan internasional yang bersangkutan.
    4. Pengembangan sumber daya manusia
    5. peningkatan kesejahteraan

    B. Kebudayaan dan Penerangan

    Kerja sama di bidang kebudayaan dan penerangan meliputi bantuan kepada para cendekiawan, penulis, artis, dan media massa yang memungkinkan mereka memainkan peranan yang lebih aktif dalam menumpuk rasa kepribadian dan persahabatan regional. Pertukaran atau festival kebudayaan, kesenian dan film.

    Perkenalan ASEAN dan negara negara anggotanya melalui sekolah sekolah dan lembaga lembaga pendidikan. Menyebarluaskan pengkajian masalah masalah asia tenggara melalui kerja sama yang lebih erat antara lembaga-lembaga nasional.

    Kerja sama ASEAN dalam bidang sosial budaya dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup dengan melibatkan pertisipasi aktif  dan semua kalangan terutama wanita, pemuda dan komunitas lokal. Kerja sama ini antara lain dalam bidang kesehatan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan budaya dan penanganan masalah sosial.


    3. Kerja sama di bidang Politik dan Keamanan (militer)

    Usaha untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia tenggara ditempuh melalui beberapa penandatanganan dokumen atau kesepakatan berikut ini :

    1. ZOPFAN merupakan perjanjian mengenai Kawasan Damai, Bebas, Netral, atau bila di bahasa inggriskan menjadi Zone of Peace, Fredom, ant Naturality. Perjanjian ini dikenalkan dengan Deklarasi Kuala lumpur pada tanggal 27 November 1971.

    2. Perjanjian persahabatan dan kerja sama di Asia Tenggara yang diadakan pada tanggal 24 Februari tahun 1976 di Bali.
    3. Perjanjian kawasan Bebas Senjata Nuklir pada tanggal 15 Desember tahun 1997 di Bangkok, thailand.
    4. Komunitas keamanan ASEAN pada tanggal 7 Oktober tahun 2003 di Bali, Indonesia.


    4. Kerja sama dengan negara-negara ketiga

    Untuk meningkatkan peranya di dunia internasional maka ASEAn mengembangkan kerja sama dengan negara-negara lain, terutama kerja sama ekonomi dengan Australia, Selandia Baru, Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), Jepang, Amerika Serikat, dan Kanada. Hal itu sesuai dengan sasaran ASEAN itu sendiri.

    Asean terus berbenah diri meningkatkan kerja sama antar negara - negara anggota ASEAN. Selain itu ASEAN akan memulai babak baru yaitu mengubah kesan sebagai perhimpunan atau sarana pertemuan pejabat pejabat pemerintahan negara negara ASEAN emnjadi perhimpunan bagi bertemunya seluruh rakyat di kawasan Asia Tenggara.

    Sasaran tersebut dicanangan dapat dicapai pada tahun 2020. Untuk mencapai sasaran ini masih banyak PR yang harus diselesaikan. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh penduduk negara negara anggota ASEAN saat ini adalah terciptanya kedamaian. Kawasan ASEAn merupakan kawasan yang termasuk aman dan damai, bila dibandingkan dengan kawasan Timur Tengah dan Semenanjung Korea. 

    Sebagai bagian usaha untuk mewujudkan ASEAN sebagai organisasi seluruh rakyat ASEAn, maka sejak tahun 2005 para pemimpin ASEAn telah memutuskan dimulainya proses pembuatan Piagam ASEAN. Kamar dagang dan industri ASEAN telah mengambil prakarsa dalam proyek industri. Seperti industri otomotif, semen, kimia, elektronik, karet, besi baja, dan industri tekstil.

    Di dalam piagam ASEAN inilah tujuan dan arah ASEAN untuk menjadikan organisasi seluruh rakyat ASEAN akan ditentukan. Untuk mewujudkan cita cita tersebut,maka perlu dikembangkan semangat persamaan dan tolong menolong. Antara lain dengan cara memperbanyak acara dan kegiatan berasama, cepat tanggap jika ada anggota yang mendapat kesulitan seperti adanya terorisme, dan masalah pengangguran di negara anggota ASEAN tersebut.


    Trimakasih sekian artikel saya dengan judul Kerja sama Negara anggota ASEAN di Berbagai bidang semoga artikel yang saya berikan bermanfaat bagi anda, artikel ini bersumber pada LKS CAKRA kelas VI, trimakasih semoga bermanfaat.
  • 39 komentar:

    1. Trimakasih banyak bermanfaat sekali :)

      BalasHapus
    2. dengan terbentuknya ASEAn maka proses kerjasama di bidang ekonomi antar negara jadi lebih mudah ya Mas

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas betul sekali :) , trimakasih atas kunjunganya

        Hapus
    3. kalau pelajaran PPKn tentang kerja sama negara Asean ini berjalan dengan hati kayanya Asean bakal jadi negara yang di segani deh...potensinya gede soalnya kan?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas betul... :) asean memang potensi ekonominya besar

        Hapus
    4. alhamdullilah Semoga Negara" yang tergabung ke asean tetep solid seperti ini agar aman selamu :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dengan terbentuknya ASEAN ini semoga saja, bisa terus bekerja sama, khususnya dalam ekonomi

        Hapus
      2. betul gan saya setuju amin :)

        Hapus
    5. smoga Indonesia berperan sentral dalam kerjasama asean ini, khususnya di era pemerintahan yg baru ini

      BalasHapus
    6. Ini tuh pelajaran IPS sewaktu SMP, Jadi teringat kembali nih ^_^

      BalasHapus
    7. Thanks Infonya mas
      Ni nickname lostsaga : Brylly123

      BalasHapus
    8. Wah trnyata pljran ips itu ssah2 gmpng ych ,, ! Aku ajh bingung mkirnya :)

      BalasHapus
    9. Ips itu kadang susah kdng gmpng , klo nghafal sih aku bisa tapi aku lbih suka mnganalisa soal dan mudah untk diphami ;)

      BalasHapus
    10. mas bagian bidang pertahanan dan keamanan mana ya ?

      BalasHapus
    11. mas bagian bidang pertahanan dan keamanan mana ya ?

      BalasHapus
    12. Mas bermanfaat banget tapi kalo bisa ditambah dalam bidang IPTEK nya ya mas terima kasih

      BalasHapus
    13. Good, thanks for information sangat bermanfaat

      BalasHapus
    14. Good, thanks for information sangat bermanfaat

      BalasHapus
    15. Kalo bidang pendidikannya mana ya?

      BalasHapus
    16. Mas dari januari-desember2017 ada gk mass.berbagai bidang!!!

      BalasHapus
    17. Makasih ya gan, kurang di bidang pendidikan aja gan

      BalasHapus
    18. Terimakasih atas bantuannya ya bro!!!😁

      BalasHapus
    19. Tapi bidang pendidikan nya mana ya???😉😑😊😏

      BalasHapus
    20. Terimakasih ya mas...
      Jadi tahu banyak soal ASEAN...

      BalasHapus
    21. Kalau kegiatan asean dibidang budaya apa..?

      BalasHapus
    22. Apa anda tau bentuk bentuk kerja sama antar anggota ASEAN dalam bidang pariwisata

      BalasHapus
    23. meningkatkan kualitas pendidikan



      BalasHapus
    24. meningkatkan kualitas pendidikan



      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014