• Metode yang digunakan untuk mengapreasi karya seni

    Hari ini saya memposting sebuah artikel tentang pelajaran Seni budaya dengan judul yaitu Metode yang digunakan untuk mengapreasi karya seni. Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa metode metode tersebut. Berikut



    Metode yang digunakan untuk mengapreasi suatu karya seni ada empat macam metode, yaitu :

    1. Metode Induktif
      Metode Induktif mencakup langkahlangkah santara lain : mendeskripsikan ciri ciri pokok hubungan antar unsur unsur; mengamati kualitas parsial dan totalnya; mengamati aspek yang digambarkan atau di tunjukan; menafsirkan gagasan, tema, dan kualitas yang ada dalam kerangka yang akan diungkap; dan membuat pertimbangan pertimbangan atau suatu penilaian.


    2. Metode Empati
      Metode Empati bertumpu pada teori yang mengatakan jika mngempati suatu karya seni, kita beranggapan seolah olah karya seni ini seperti pengamatanya, memiliki perasaan dan kepastian tertentu.  Dalam menggunakan metode empati di sarankan untuk tidak mengesampingkan kenyataan yang tampak, gunakan pengetahuan yang dimiliki dan pengalaman yang pernah di dapat.

    3. Metode deduktif
      Metode deduktif mencakup langkah langkah antara lain yaitu : memilih kriteria yang akan digunakan; menelaah karya yang akan kita hadapi dalam rangka mendapat petunjuk apakah aspek yang telah ditentukan ada atau tidak; dan menentukan sampai sejaug mana kriteria itu terpenuhi.

    4. Metode Interaktif
      Metode Interaktif adalah metode yang mengupayakan dan mencari kesepakatan kelompok tentang makna dari suatu karya seni, lewat diskusi dan perdebatan. Langkah Langkahnya antara lain yaitu : menentukan moderator; melibatkan orang banyak untuk menelaah karya seni; moderator menghidupkan kembali apabila pembicaraan macet; dan membicarakan hipotesis lewat diskusi kelompok untuk dapat melahirkan interpretasi yang disepakati.

    Trimakasih skian artikel dari saya dengan judul yaitu "Metode yang digunakan untuk mengapreasi karya seni " semoga ariktl yang saya berikan bermanfaat bagi anda dan semuanya. Baca artikel menarik seputa seni budaya di febrian.web.id - Di ambil dari buku cetak berkarya seni budaya
  • 1 komentar:

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014