• Macam Macam Uang - IPS Kelas 9

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel dengan judul yaitu Macam Macam Uang .  DI artikel ini saya akan memberikan berbagai Macam Macam Uang Berdasarkan Bahan pembuatanya, Nilainya, dan beradasarkan Lembaga yang mengeluarkan. Berikut artikelnya :

    Baca Juga : Syarat Syarat Dan Fungsi dari Uang


    Macam Macam Uang 

    Berdasarkan Undang Undang Nomor 23 tahun 1999, Pasal 19 dan 20 yaitu tentang kemandirian Bank Sentral, adalah sebagai berikut : (isi)

    Pasal 19
    "Bank Indonesia berwewenang mendapatkan macam, harga, ciri uang yang akan digunakan, bahan yang digunakan, dan tanggal berlakunya sebagai alat pembayaran yang sah "
    Pasal 20
    "Bank indonesia merupakan satu satunya lembaga yang berwewenang untuk, mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang yang dimaksud dari perbedaan. "


    Jenis jenis uang yang pernah beredar atau masih beredar di masayarakat :

    A. Berdasarkan Bahan Pembuatanya 

    Jenis Uang berdasarkan bahan pembuatanya dibedakan atas dua macam, yaitu uang logam dan uang kertas.

    1. Uang Logam
      Apa yang diaksud dengan uang logam ? Uang logam adalah uang dalam bentuk koin dan biasanya terbuat dari logam perunggu, perak, dan emas. COntoh uang logam yang ada di Indonesia yaitu Rp. 50.00 ; Rp 100,00 ; Rp. 200,00 ; Rp. 500,00 ; dan Rp. 1000,00.
    2. Uang Kertas
      Apa yang dimaksud dengan uang kertas ? Uang kertas adalah uang yang bahanya terbuat dari kertas atau bahan lainya yang memiliki kualitas tinggi yaitu : tahan air, tidak mudah robek atau luntur. Uang kertas yang ada di indonesia yaitu ada 6 macam yaitu : Rp. 1000,00 ; Rp. 5000,00 ; Rp. 10.000,00 ; Rp. 20.000,00; Rp. 50.000,0 ; Rp. 100.000,00.

    B. Berdasarkan Nilainya

    Berdasarkan niainya uang di bedakan menjadi 2 yaitu Full Bodied money dan Token Money

    1. Full Bodied Money
      Adalah mata uang yang ilai instrinsiknya (materinya) sama dengan nilai nominalnya (nilai yang dicantumkan dalam mata uang tersebut). Uang ini umum dijumpai pada zaman dahulu. Pada dewasa ini Full Bodied money hampir tidak ada lagi. Sebagian besar Negara negara telah membuat mata uangnya dengan memakai bahan bahan yang nilainya lebih rendah dari ilai instrinsiknya.




    2. Token Money
      Adalah semua mata uang yang nilai materialnya lebih rendah dari pada nominalnya. George H. Memberi definisi Token Money artinya " Money wich is not full bodied is token money". Artinya yaitu uang yang tidak bernilai penuh adalah token money. Contoh yang jelas dari token money adalah uang kertas. Antara Full bodied money dan token money ada perbedaan lain selain perbedaan nilai instrinsiknya, yaitu pada token money mata uang hanya dibuat oleh badan badan tertentu seperti bank Central atau pemerintah. Sedangkan Full bodied money masyarakat mempunyai hak untuk membuatnya sampai jumlah tak terbatas.
    Token money


    C. Berdasarkan lembaga yang mengeluarkan

    1. Uang Kartal 

    Uang kartal adalah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau bank sirkulasi yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah serta setiap orang diharuskan menerima sebagai pembayaran. Uang kartal ada dua macam , yaitu :

    • Uang negara atau uang pemerintah
      Adalah uang yang dikeluarkan negara atau pemerinatah. Uang Negara yang berwujud uang kertas dan ada yang berupa uang logam.

    • Uang Kertas Negara
      Uang kertas negara di dalamnya bertuliskan REPUBLIK INDONESIA, tercantum angka yang menunjukan nilainya, tahun dikeluarkan dan diandatangani oleh Menteri Keuangan.

    2. Uang Logam
    Uang logam terbuat dari perunggu atau alumunium bertuliskan Republik Indonesia tercantum pula angka yang menunjukan nilainya, tahun dikeluarkan, tidak ada tanda tangan mentri keuangan.


    3. Uang yang di keluarkan oleh Bank Sirkulasi (Bank Indonesia)

    Sesuai UU nomor 23 tahun 1999, Pemerintah memberi wewenang kepada salah satu bank untuk mengeluarkan uang. Bank yang memperoleh wewenang mengeluarkan uang dinamakan bank sirkulasi atau Bank Indonesia. Uang yang dikeluarkan Bank Sirkulasi / bank indonesia adalah :

    • Uang kertas Bank
      Uang kertas bank bertuliskan REPUBLIK INDONESIA, tercantum angka yang menunjukkan nilainya, tahun dikeluarkan dan ditandatangani oleh gubernur bank indonesia dan seorang Direktur. tetapi uang kertas terbitan tahun 1999 sampai sekarang di tandatangani oleh Dewan Gubernur yang terdri dari Gubernur dan Deputi Gubernur.
    • Uang Logam
      Terbuat dari perunggu atau alumunium, emas dan perak bertuliskan REPUBLIK INDONESIA  tercantum pula angka yang menunjuakan nilannya, tahuan dikeluarkan.


    4. Uang Giral

    Adalah Taguan atau rekening pada suatu bank yang dapat di pakai sebagai pembayaran dengan perantara cek,giro,perintah membayar, dan telegraphic transfer yang dikeluarkan oleh bank kepada seseorang atau lembaga karena mempunyai simpanan di bank yang bersangkutan. Uang giral tidak berwujud uang biasa, tetapi berupa catatan dalam buku buku bank atas nama seseorang.

    *Proses terjadinya uang giral adalah sebagai berikut :
    1. Seseorang menitipkan sejumlah uang kartal kepada sebuah bank. Bank mencatat dari bukunya sebagai rekening orang yang menitipkan uang, Titipan semcam ini dinamakan Primary deposit yang berarti uang titipan. Dengan kejadian tersebut uang kartal yang di titipkan berubah menjadi uang giral.

    2. Seseorang meminjam uang pada sebuah bank. Uang tersebut tidak di ambilnya, dititipkan saja di bank agar sewaktu waktu dapat di ambil. Bank mencatat uang tersebut pada buku sebagaai rekening si peminjam titipan semacam itu disebut loa deport yang berarti uang pinjaman yang dititipkan uang pinjaman yang belum dikeluarkan merupakan uang giral orag yang berutang sekaligus menjadi orang yang berpiutang.


    Trimakasih sekian artikel saya dengan judul Macam Macam Uang . Semoga bermanfaat bagi anda. Artikel ini di ambil dari LKS Mgmp Malang kelas 9 . trimakasih
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014