• Syarat Syarat Dan Fungsi dari Uang - IPS

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel dengan judul Syarat Syarat Dan Fungsi dari Uang, di artikel sebelumnya saya juga telah memposting artikel dengan bab yang sama yaitu bab uangdan lembaga keuangan artikel sebelumnya yaitu dengan judul pengertian uang. Di artikel ini saya akan memberikan apa saja syarat syarat dari uang dan apasaja fungsi dari uang. Berikut artikelnya



    Syarat Syarat Uang

    Uang harus mempunyai syarat syarat yaitu sebagai berikut :

    1. Diterima oleh umum, Artinya adalah masyarakat percaya bahwa dengan uang masyarakat dapat menukarkan dengan segala macam barang untuk memenuhi kebutuhanya, dapat membayar hutang dan membayar pajak kepada pemerintah.

    2. Jumlah harus mencukupi kebutuhan dunia usaha atau elasticity of supply, karena bila kebutuhan akan uang tidak mencukupi akan menghambat perekonomian terutama pertukaran, sebaliknya kalau bak sentral merasa bahwa yang beredar terlalu banyak dibandingkan dengan kegiatan ekonomi, uang yang beredar harus dikurangi (dalam penyediaan uang harus bersifat elastic)

    3. Mempunyai nilai yang stabil atau stability of value, agar dapat diterima oleh masyarakat secara umum, uang harus mempunyai nilai stabil artinya tidak turun naik (berfluktuasi) secara tajam. Dengan nilai stabil, masyarakat mau menerima uang sebagai alat tukar dan satuan hitung.

    4. Tahan lama atau durability karena uang selalu berpindah pindah tangan sehingga harus dibuat dari bahan yang tahan lama dan tidak mudah rusak

    5. Mudah dibawa dan disimpan atau portabillity untuk urusan sehari hari, bahkan transaksi dalam jumlah besar dapat dilakukan dengan mudah.

    6. Mudah dibagi bagi atau divisiability, artinya sebagai alat untuk mempermudah transaksi baik dalam jumlah besar maupun kecil. Uang harus tersedia dalam berbagai nilai nominal, untuk menjamin agar dapat ditukarkan satu dengan yang lain. Semua jenis uang harus dijaga agar mempunyai niai yang tetap.

    Fungsi Uang

    Untuk fungsi uang , Fungsi uang dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi Asli dan Fungsi Turunan. berikut penjelasanya.

    Fungsi Asli

    1. Uang sebagai Alat penukar (Medium of Exchange)
      Fungsi uang sebagai alat penukar adalah untuk memudahkan terjadinya jual beli barang atau memudahkan pertukaran. Uang dapat digunakan sebagai media antara produsen dan onsumen. Dengan menjual barang akan mendapatkan uang dan uang tersebut dapat dibelikan barang lain yang akan mereka butuhkan. Contoh Hasan disuruh ibu membeli gula di toko. Hasan menukarkan uang dari ibunya dengan gula di toko. (contoh uang sebagai alat penukar)


    2. Uang sebagai Satuan hitung (Unit Of Account)
      Fungsi uang sebagai satuan hitungan adalah untuk menunjukkan nilai barang yang akan dijual dan dibeli, menghitung banyaknya kekayaan, dan menghitung kredit atau pinjaman serta untuk memperlancar pertukaran. Contoh harga sebuah buku materi IPS kelas 9 seharga Rp. 24.369,00 (Contoh uang sebagai satuan hitungan)

    Fungsi Turunan

    1. Uang digunakan sebagai penunjuk Harga 
      Uang sebagai penunjuk harga digunakan untuk untuk menunjukkan harga satuan barang yang dinyatakan dengan jumlah satuan uang.

    2. Uang sebagai alat penyimpan atau penabung
      Uang sebagai alat pentimpan atau penabung digunakan sebagai cadangan untuk keperluan keperluan yang akan datang.

    3. Uang sebagai alat pembayaran
      Uang sebagai alat pembayaran diguanakan untuk menukarkan barang atau jasa dalam kegiatan jual beli, untuk membayar pajak, denda dan lain sebagainya.

    4. Uang sebagai alat pembentuk dan pemindah kekayaan
      Menabung adalah membentuk kekayaan, dengan demikian uang sebagai alat pembentuk kekayaan. Uang dapat pula digunakan sebagai alat untuk menukarkan harga kekayaan yang tidak dapat dipindahkan, dengan demikian uang sebagai alat pemindah kekayaan.

    5. Uang sebagai pendorong kegiatan ekonomi
      Uang sebagai pendorong kegiatan ekonomi, mendorong seseorang untuk bekerja lebih keras guna mendapatkan uang untuk kegiatan ekonomi.

    6. Uang sebagai alat pencipta kesempatan kerja
      Uang sebagai alat pencipta kesempatan kerja dapat digunakan untuk mendirikan sebuah perusahaan, dan perusahaan itu menampung tenaga kerja dengan demikian uang sebagai ala menciptkan kesempatan kerja.

    7. Uang sebagai standar pembayaran utang
      Uang sebagai standar pembayaran utang digunakan untuk membayar sejumlah utang yang dihitung dengan standar atau ukuran uang.

    Terimakasih sekian artikel dari saya tentang Syarat Syarat Dan Fungsi dari Uang - IPS, semoga artikel yang saya berikan bermanfaat bagi anda. Artikel ini saya ambil dari LKS kelas 9 semester ganjil MGMP malang. Trimakasih
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014