• Teori Perkembangan Pembentukan Benua - IPS

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel IPS Kelas 9 dengan judul yaitu : Teori Perkembangan Pembentukan Benua.  Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa teori dan pembuktian kebenaranya berdasarkan fakta fakta yang akan saya bagikan di artikel ini. Berikut



    Teori Perkembangan Pembentukan Benua 

    Sebelum saya memberikan teori tentang benua saya akan memberikan dahulu tentang benua. Benua yang ada di permukaan bumi sekarang ini adaah Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, Australia. dan Antartika. 

    Foto Alferd Wegener
    Teori Perkembangan Pembentukan Benua - Teori ini dipopulerkan oleh Alferd Wegener pada tahun 1912. Teori ini menyatakan bahwa pada masa lalu yaitu sekitar 200 juta tahun yang lalu, benua benua yang ada sekarang ini merupakan satu daratan yang disebut Pangea. Pangea dikelilingi oleh samudra Panthalassa.

    Benua pangea mulai pesah karena adanya gerakan yang besar di bagian selatan ke arah barat dan di bagian utara menuju khatulistiwa. Melalui peristiwa tersebut terjadilah bentangan samudra dan banua yang mengapung sendiri sendiri serta bergerak secara berlawanan arah. Hasil dari pecahan benua tersebut terbentuklah samudra dan benua seperti sekarang.

    Teori Alferd Wegener ini dikenal dengan Teori Pengapungan Benua. Dari teori tersebut dapat dibuktikan kebenaranya berdasarkan fakta fakta berikut :

    1. Adanya persamaan bentuk garis pantai barat benua eropa dan benua Afrika dengan bentuk garis pantai timur benia amerika. Selain itu juga terdapat persamaan keadaan batu batuan di kedua daerah tersebut.
    2. Pulau Greenland di utara Kanada bergerak menjauhi Benua Eropa dengan kecepatan 36 cm tiap tahun. Lalu, pulau madagaskar bergerak menjauhi Afrika bagian selatan dengan kecepatan 9cm tiap tahunnya.


    Terimakash sekian artikel saya dengan judul Teori Perkembangan Pembentukan Benua - IPS semoga bermanfaat bagi anda dan semuanya, mari baca artikel menarik lainya seputar Ilmu pengetahuan.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014