• Pengertian Pasar dan Syarat Terjadinya Pasar

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel IPS kelas 8 bab "pasar" degan judul Pengertian Pasar dan Syarat Terjadinya Pasar. Di artikel ini saya akan memposting pengertian dari pasar dan syarat syarat terjadinya sebuah pasar. Berikut adalah artikelnya


    Pasar di Indonesia

    Pengertian Pasar

    Dalam arti sempit pasar diartikan sebagai suatu tempat dimana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk berjual beli barang. Dalam ilmu ekonomi, pertemuan panjual dan pembeli untuk melakukan ransaksi jual beli dapat dilakukan melalui sarana elektronika seperti telepon, faksimail, ataupun televisi. Oleh karena itu, penjual dan pembeli tidak bertatap muka karena berjauhan. 

    Menurut ilmu ekonomi, pengertian pasar bukan saja dalam bentuk tempat (fisiknya pasar), pasar dapat diartikan seagai tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran walaupun pembeli dan penjualnya tidak bertemu secara langsung serta barangnya belum diperlihatkan oleh penjualnya.

    Syarat Terjadinya sebuah Pasar

    Berdasarkan uraian di atas tersebut, suatu kejadian disebut sebagai suatu pasar apabila memenuhi beberapa syarat, yaitu :
    1. Ada calon penjual dan pembeli
    2. terjadi hubungan antara penjual dan pembeli secara langsung ataupun tidak langsung
    3. ada barang dan jasa yang akan diperjual belikan

    Sekian artikel singkat saya dengan judul Pengertian Pasar dan Syarat Terjadinya Pasar semoga bermanfaat bagi anda dan semuanya, baca artikel menari lainya tentang ilmu pengetahuan di febrian.web.id, trimakasih.
  • 4 komentar:

    1. terima kasih mas sudah share tentang syarat terjadinya pasar ini...ingat pelajaran ekonomi dulu hehe :)

      BalasHapus
    2. thank you for your info i hope you can give much best article ,

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014