• Pengertian Hak Asasi Manusia dan Kewajiban dasar Manusia - PKN

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel pelajaran, dengan pelajaran PKN dengan judul yaitu Pengertian Hak Asasi manusia dan Kewajiban dasar Manusia. Di artikel ini saya akan memberikan pengertian dari Hak asasi manusia (HAM) dan Kewajiban dasar manusia, berikut adalah artikel yang saya berikan.



    Pengertian Hak Asasi manusia dan Kewajiban dasar Manusia

    Apa yang dimaksud dengan Hak asasi manusia ? Hak asasi manusia adalah hak dasar atau hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa. Hakekat dan pegertian HAM dalam UU Republik Indonesia pasca reformasi No. 39 Tahun 1999 tentang HAM. Dalam UU tersebut kita dapat menemukan pengertian hak asasi manusia adalah : Seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang maha esa dan merupakan anugrahNya yang wajib dihorati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan dan perlindungan harkat dan martabat manusia. UURI No. 39 tahun 1999 juga mendenifisikan kewajiban dasar manusia adalah seperangkat kewajiban yang apabila tidak dilakdanakan tidak memungkinkan terlaksana dan tegaknya hak asasi manusia (HAM)

    Pada Mukadimah Universal Declaration of Human Rights, Pengertian Hak asasi manusia merupakan pengakuan akan martabat yang terpadu dalam diri setiap orang akan hak hak yang sama dan takteraihkan dari semua anggota keluarga manusia ialah dasar dari kebebasan, keadilan dan perdamaian dunia.

    HAM tidak tergantung dari pengakuan orang lain, tidak tergantung dari pengakuan masyarakat atau negara. Manusia memperoleh hak hak asasi itu langsung dari tuhan sendiri karena kodratnya. (Secundum suam naturam) Penindasan terhadap HAM bertentangan dengan keadilan dan kemanusiaan, sebab prnsip dasar keadilan dan kemanusiaan adalah bahwa semua manusia memiliki martabat yang sama dengan hak hak dan kewajiban kewajiban yang sama. Oleh karenanya, setiap manusia dan setiap negara di dunia wajib mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia atau HAM tanpa kecuali. Penindasan terhadap HAM berarti pelanggaran terhadap HAM.

    Hak asasi ini menjadi dasar dari pada hak dan kewajiban yang ain. sebagaimana kita ketahui, disamping hak hak asasi ada kewajiban kewajiban asasi yang dalam hidup bermasyarakat kita seharusnya mendapat perhatian terlebih dahulu dalam peaksanaannya Manusia dimana mana mmimiliki harkat dan martabat yang sama. Baik manusia yang berkulit putih atau hitam, dinegara maju maupun berkembang. baca juga ciri ciri negara maju dan berkembang.

    Sekian artikel saya dengan judul Pengertian Hak Asasi Manusia dan Kewajiban dasar Manusia - PKN semoga artikel yang saya berikan bermanfaat bagi anda dan semuanya.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014