• Macam macam Alat Pemenuhan kebutuhan - IPS

    IPS - Hari ini saya akan memposting sebuah artikel tentang IPS dengan judul macam-macam Macam-macam Alat Pemenuhan kebutuhan . Di artikel ini saya akan memberikan Macam-macam Alat Pemenuhan kebutuhan manusia, berikut adalah artikelnya. 



    Apa saja Macam macam Alat Pemenuhan kebutuhan Manusia ? 
    Macam macam Alat Pemenuhan kebutuhan
    Ilustrasi Kebutuhan manusia

    Macam-macam Alat Pemenuhan kebutuhan 

    Alat pemenuhan kebutuhan terdiri dari barang dan jasa dimana barang dapat dikelompokan sebagai berikut :

    1. Berdasarkan kelangkaannya

    1. Barang ekonomi
      adalah alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan biaya. Contohnya : buku tulis, pensil, sepatu, baju, rumah, sepeda, mesin cuci.

    2. Barang bebas
      adalah alat pemuas kebutuhan yang tersedia secara berlimpah dan setiap orang dapat memperolehnya dengan bebas, sehingga untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan. Contohnya: pasir di padang pasir, udara di alam terbuka, dan sinar matahari.

    3. Barang illith
      adalah barang yang jumlahnya berlebihan, sehingga dapat merugikan manusia dan harus dikurangi jumlahnya. Contohnya: api saat kebakaran, air saat kebanjiran, angin ribut.

    2. Beradasarkan fungsi hubungan pemakaian dengan barang lain

    • Barang komplementer
      apa yang dimaksud dengan barang komplementer ?, barang kompementler adalah barang yang penggunaannya salaing meengkapi. contohnya: jarum dan benang, kaos kaki dan sepatu, pensil dan buku, gula dan kopi.
    • Barang subtitusi
      Apa yang dimaksud dengan barang subtitusi ? barang subtitusi adalah barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan dengan barang lain. Contohnya :sepatu menggantikan sandal, mentega menggantikan minyak goreng, pensil menggantikan bolpoin.

    3. Berdasarkan tujuan penggunaanya

    • Barang konsumsi adalah barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai. Contohnya : nasi, pakaian, meja, kursi yang dimiliki konsumen.
    • Barang produksi adalah barang yang memerlukan proses produksi lebih lanjut untuk dapat digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Contohnya : kayu, benang, batu, dan pasir yang dimiliki produsen.

    4. Berdasarkan kesiapan penggunanya / proses pembuatanya

    • Barang mentah adalah barang yang perlu diolah terlebih dahulu agar dapat menjadi barang setenga jadi. Contohnya: kapas untuk dibuat benang, tebu untuk dibuat gula.
    • Barang setengah jadi adalah barang yang sudah melalui proses produksi, tetapi untuk dapat dikonsumsi harus melalui produksi selanjutnya. Contohnya: kain untuk baju, tepung untuk kue, beras untuk dibuat bubur.
    • Barang jadi adalah barang yang sudah siap untuk dikonsumsi

    5. Berdeasarkan kegunaannya untuk jaminan kredit

    • Barang beregerak adalah barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dala jangka pendek. contohnya : BPKB, mobil, perhiasan, komputer.
    • Barang tidak bergerak adalah barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit jangka panjang. Contohnya rumah, tanah, pabrik, gedung.

    Alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak terbatas karena faktor faktor berikut ini :
    1) bencana alam
    2) adanya sumber daya yang tidak bisa diperbarui
    3) sifat manusia yang selalu tidak pernah puas
    4) ulah manusia yang tidak bertanggung jawab seperti menebang hutan sembarangan

    Trimakasih sekian artikel saya dnegan judul Macam-macam Alat Pemenuhan kebutuhan semoga bermanfaat bagi anda dan semuanya, trimakasih.
  • 2 komentar:

    1. Terima kasih yg telah memberi kami banyak info dan memberi jawaban yg sangat memuaskan,
      Semoga dengan memberi jawaban ini,mudah"an makin banyak pahala dan di mudahkan segala urusannya
      Amin...

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014