• Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2 - IPS

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel dari IPS kelas 9 yang saya ambil dari buku IPS Kelas 9 Semseter Ganjil - MGMP Malang. Artikel ini berjudul Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2 - Di artkel ini saya akan memberikan beberapa latar belakang terjadinya perang dunia II, berikut artikelnya.




    Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2 disebabkan oleh :



    1. Perlombaan Senjata
      Timbulnya sikap saling curiga dari negara negara di dunia sehingga mendorong masing masing negara saling melindungi negaranya dengan memperkuat persenjataannya.

    2. Gagalnya LBB (Liga Bangsa Bangsa) dalam menjalankan tugasnya.
      LBB atau Liga bangsa bangsa bukan merupakan sebagai tempat untuk mencapai perdamaian dunia melainkan dipakai oleh negara negara besar untuk mencapai keuntungan bagi negaranya sendiri.

    3. Politik Aliansi (Mencari Kawan)
      Ketakutan akan adanya perang mengakibatkan banyak negara mencari kawan dan timbulah blok blok antar negara. Hal ini mempertajam terciptanya perang secara besar besaran. Blok blok tersebut antara lain yaitu :
      - Blok Perancis (liberal)
      - Blok Rusia (komunis)
      - Blok Herman (fasis)


    4. Bidang ekonomi
      Perlombaan senjata dan ancaman perang menimbulkan kebutuhan ekonomi yang sangat besar.


    5. Timbulnya Paham yang Saling bertentangan.
      Demokrasi dengan paham kebebasan Individu, fasisme dengan paham nasionalisme dan komunisme dengan paham international tidak mungkin dapat berjalan bersama. Penganut paham ini berusaha untuk saling menghancurkan dan menjadikan pahamnya sebagai pemenang. Disamping itu pula paham kebangsaan yang dimilki oleh negara negara tersebut sangat tangguh dan kuat sehingga menimbulkan keangkuhan.

    Terimakasih sekian artikel saya dengan judul Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2 semoga artikel yang saya berikan bermanfaat untuk anda. Artikel ini bersumber dari buku IPS kelas IX semester ganjil - MGMP kota malang. Trimakasih 
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014