• Hama dan Penyakit pada Organ Tumubuhan - Biologi

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel SMP kelas 8 dengan judul Hama dan Penyakit pada Organ Tumubuhan - Biologi Di dalam artikel ini saya akan memberikan berbagai jenis nama hama dan penyakit pada sebuah tumbuhan, Apa saja penyakit dan hama pada organ tumubuhan ? berikut .



    Hama tumbuhan

    Hama dan penyakit pada organ tumbuhan merupakan dua masalah yang sangat menarik perhatian karena berdampak merugikan kepada kepentingan manusia, khususnya pada bidang pertanian. Apa yang dimaksud dengan Hama ? Hama merupakan hewan yang merusak tanaman budi daya. hewan dikatakan sebagai hama bila jumlah individu populasinya telah berakibat merugikan secara ekonomi. Hama menyebabkan tanaman rusak dan panen merosot sehingga merugikan para petani.

    Banyak jenis hewan yang digolongkan atau berpoteni sebagai hama. Di Indonesia, tercatat lebih dari 1.800 jenis hewan hama, 1600 di antaranya adalah dari golongan serangga atau nama lainya insecta. Hewan yang berpotensi sebagai hama meliputi golongan cacing, serangga (insecta), hewan berbuku (Arthropoda), hewan bertubuh lunak (molusca), hewan melata (reptilia), burung (aves), dan hewan menyusui (mamalia).

    Hama merusak tanaman dengan cara memakan atau mengisap cairan jaringan. coba tunjukanlah jenis jenis hama padi di sawah ? Hama tidak hanya ada di areal pertanian, tetapi ada yang menjadi hama gudang. Hama gudang hidup pada produk produk pertanian yang disimpan atau ditimbun di gudang. Pernahkan anda melihat serangga yang merusak beras dalam karung ? tentunya pernah.

    Di Indonesia pernah tercatat ada banyak jenis hama yang pernah membuat kerugian besar di bidang pertanian, seperti sebagai berikut :
    1. Wereng Coklat (Nephotettrix virescens), menyerang tanaman padi. Wereng juga membawa virus dan menimbukan menyakit tungro. Tanaman padi menjadi coklat dan mengering.
    2. TIkus, memakan batang dan daun muda tanaman padi
    3. Melalang, merusak tanaman jagung dan tanaman semusim lainya
    4. Ulat Artona, menyerang daun kelapa. Hewan tersebut besifat hama pada saat masih ulat

    Penyakit Tanaman

    Apa yang dimaksud dengan Penyakit tanaman ? penyakit tanaman merupakan ketidak normalan tumbuhan akibat serangan organisme patogen atau gangguan faktr lingkungan. Hal itu ditampakkan dalam bentuk gejala kerusakan pada tanamannya. Penyakit tanaman menimbulkan karusakan atau gangguan yang berhubungan dengan pengambilan dan transportasi zat makanan, mineral, air, atau gangguan sintesis bahan makanan atau metabolisme lainya yang mempengaruhi penampilan atau kualitas dan hasil tanamanya atau kuantitas. Dengan demikian, agen penyebab penyakit tanaman dapat berupa agen bilogi dan agen abiotik.

    Apa yang dimaksud dengan Agen Biologi ? Agen biologi adalah organisme patogen, terutama dari golongan bakteri, jamur, virus, benalu, dan cacing nematoda. Organisme patogen menimbulkan penyakit dengan cara sebagai berikut :

    • Menyerap zar makanan atau isi sel secara terus menerus sehingga tumbuhan inang menjadi lemah. Contohnya adalah bakteri, benalu, nematoda, dan virus.
    • Membunuh se atau merusak aktivitas metabolisme sel inang dengan cara mengeluarkan zat, seperti enzim atau racun (toksin) ke dalam sel inang. Contohnya adalah : Phythophthora infestant- jamur penyebab layu daun pada kentang, dan Ustilago maydis- jamur penyebab gosong pada biji jangung.
    • menggangu transportasi zat makanan, mineral, dan air pada pembuluh angkut inangnya. Contohnya adalah Fusarium axysporum- jamur penyebab layu daun pada tanaman tomat
    • Menghalangi proses fotosintesis.


    Seanjutnya, Apa yang dimaksud dengan Agen Abiotik ? Agen abiotik adalah bermacam macam faktor, seperti iklim, tanah, zat racun yang terserap, dan api. Contohnya adalah :

    • Kekurangan air atau kelebihan air
    • Kekurangan atau kelebihan cahaya
    • kekuarangan oksigen
    • polusi udara
    • kekurangan zat hara
    • tanah yang terlalu asam atau terlalu basa
    • keracunan obat obat kimia, seperti insektisida, fungisida, nematisida, molusisida, dan pestisida lainya
    • suhu yang ekstreim, seperti sangat panas atau sangat dingin.

    Sekian artikel saya dengan judul  Hama dan Penyakit pada Organ Tumubuhan - Biologi. Semoga bermanfaat bagi anda, mari baca artikel menarik lainya seputar ilmu pengetahuan di febrian's blog.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014