• Fungsi Negara dan Unsur Unsur Negara - PKN

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel tentang PKN dengan judul yaitu Fungsi Negara dan Unsur Unsur Negara. Di artikel ini saya akan memberikan beberapa fungsi dari negara dan Unsur Unsur dari negara secara singkat dan padat. Apa Fungsi Negara dan Unsur Unsur Negara ? berikut adalah artikel yang saya berikan.



    Fungsi Negara dan Unsur Unsur Negara

    Fungsi Negara dan Unsur Unsur Negara - Miriam Budiardjo (1978) hal 46 Fungsi minimum negara adalah fungsi negara tersebut dapat berkembang lebih luas sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai negara. Fungsi tersebut ada 4 fungsi. Berikut adalah 4 fungsinya:

    1. Melaksanakan Penertiban.
      Untuk Mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan bentrokan dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator.
    2. Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
      Peran aktif dan campur tangan negara diperlukan untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
    3. Melaksanakan pertahanan, untuk menjaga kemungkinan serangan dari luar negara harus di penuhi dengan alat alat pertahanan.
    4. menegakkan keadilan, yang dilaksanakan melalui badan badan pengadilan.

    Jacobsen  & Lipman mengklasifikasikan fungsi negara menjadi 3 fungsi, yaitu :

    1. Fungsi Essensil meliputi :
      - Pemeliharaan angatan perang untuk pertahanan terhadap serangan dari luar atau menindas pergolakan dalam negri.
      - Pemeliharaan angkatan kepolisian untuk menindas kejahatan dan penjahat
      - Pemeliharaan pengadilan untuk mengadili pelanggaran hukum
      - Mengadakan perhubungan luar negeri
      - Mengadakan sistim pemungutan pajak

    2. Fungsi Jasa.
      Seluruh Aktifitas yang diselenggarakan negara meiuti pemeliharaan fakir miskin pembangunan jalan dan jembatan

    3. Fungsi perniagaan meliputi fungsi jaminan sosial pencegahan pengangguran, perlindungan deposito.

    Charles e merriam mengajukan 5 fungsi negara yaitu :
    1. Keamanan eksteern
    2. ketertiban intern
    3. keadilan
    4. kesejahteraan
    5. kebebasan

    Fungsi negara sangat penting untuk memelihara ketertiban dan menjamin kelangsungan hidup negara untuk itu negara harus memiliki alat alat pertahanan dan keamanan, pentingnya fungsi pertahanan keamanan dalam mempertahankan diri dari berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam, semisal dalam kehidupan pribadi apakah dapat belajar dengan tenaga nyaman dan konsentrasi jika terganggu dari hal hal yang tidak mendukung dalam proses belajar.

    Amandemen UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1 menegaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara dan pertahanan dan keamanan negara. Hal ini mengandung arti untuk mempertahankan dan mengamankan negara bukan hanya dari kubu TNI dan Polri saja.

    Unsur Unsur Negara

    Unsur Konstitutif menurut hukum Insternational, Konfensi Montefidyo (1933)
    1. Penduduk, merupakan unsur pendukung dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara disamping memiliki kewajiban untuk membela negara.
    2. Wilayah, Salah satu sasaran yang mesti dibela oleh setiap warga negara merupakan wadah, alat, dan kondisi juang bagi berlangsungnya penyelenggaraan upaya bela negara.
    3. Pemerintah yang berdaulat memiliki posisi sebagai penentu kebijakan maupun sebagai pelaksana dalam arti mengkordinasikan kegiatan pertahanan dan keamanan negara dalam upaya pembelaan terhadap negara.
    4. Kemampuan mengadakan hubungan dengan negara lain sebagai subyek hukum international sekaligus melaksanakan kerjasama regional atau international.

    Terimakasih sekian artikel saya dengan judul Fungsi Negara dan Unsur Unsur Negara. Semoga bermanfaat bagi anda, mari baca artikel menarik lainya seputar PKN di febrian.web.id

  • 3 komentar:

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014