• Ciri Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang - IPS

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel pelajaran dengan judul Ciri Ciri negara Maju dan Negara Berkembang . Artikel pelajaran ini masuk kedalam kategori pelajaran IPS Sosiologi dan Geografi. Di dalam artikel ini saya akan memberikan ciri ciri Negara maju dan negara berkembang dari berbagai segi. Berikut adalah Ciri Ciri negara Maju dan Negara Berkembang.




    Ciri ciri Negara Maju

    Apa yang dimaksud dengan Negara Maju ? Negara maju adalah negara yang mengutamakan unsur unsur undustri sebagai tiang perekonomian. Apa ciri ciri dari negara maju ? Ciri ciri tersebut antara lain dari segi ekonomi, segi pendidikan, penduduk, dan lingkungan fisik. Berikut penjelasannya

    1. Segi Ekonomi (pendapatan per kapita)

    Negara maju umumya memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Sebagian besar penduduk bekerja di sektor industri sehingga pendapatan perkapita penduduknya tinggi. Selain sektor industri, berkembang pula sektor perdagangan dan jasa. 

    2. Segi Pendidikan

    Negara maju pada umumnya memiliki tingkatan pendidikan yang sangat tinggi. Bahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada juga telah maju dengan sangat pesat. Dengan kemajuan tersebut, negara maju sudah mampu mengolah sumber daya alam secara Optimal, misalnya sudah mampu menciptakan industri dari industri tingan sampai industri yang berat.

    Berikut 5 gambaran mengenai tingkat pendidikan di negara negara maju di antaranya berikut ini :
    • Di jepang, pemerintah telah melaksanakan wajib belajar untuk usia 6-15 tahun semenjak perang dunia 2 berakhir. Jadi, sektor pendidikan di jepang memang mendapat perhatian utama.
    • Di Inggris sudah tidak ada lagi buta huruf karena anak usia 5-16 tahun dikenakan wajib belajar tanpa dipungut biaya
    • Singapura merupakan negara yang paling tinggi angka bebas buta huruf di asia. Sekitar 83% penduduk usia di atas 15 tahun sudah dapat membaca dan menulis.
    • Wajib belajar juga dterapkan untuk usia 6-14 tahun di italia. Sebagian besar sekolah dikelola dan diawasi oleh pemerintah. Lulusan SMA yang tidak melanjutkan dapat masuk di sekolah kejuruhan dalam berbagai bidang agar lebih siap menghadapi dunia kerja.
    • Australia sudah bebas buta huruf sebab pemerintah mengatur dengan Undang undang wajib belajar untuk usia 6 sampai 15 tahun. Sejak 1985, pendidikan di daerah terpencil sudah menggunakan teknologi modern, yaitu melalui radio dan televisi. Guru guru ditugaskan mendatangi mereka dengan pesawat (schools over the air)

    3. Kualitas Penduduk

    Kualitas atau mutu penduduk sangat menentukan maju mundurnya suatu negara. Kualitas penduduk dapat diukur melalui tingkat pendidikan, tingakt kesehatan, dan tingkat kesejahteraan (pendapatan per kapita).

    Apabila suatu negara memiliki tingakt pendidikan yang tinggi, maka kualitas negara tersebut baik. tingkat keseharan yang baik berarti ada kaitannya dengan angka kematian bayi dan usia harapan hidup. DI negara maju, angka kematian bayi termasuk rendah (kurang dari 1%), sedangkan usia harapan hidupya umumnya tinggi yaitu diatas 75 tahun. Lalu tingkat kesejahteraan negara maju termasuk tinggi.

    4. Lingkungan Fisik

    Negara maju yang sangat luas wilayahnya antara lain meliputi negara Amerika serikat, kanadam dan australia. Wilayah negara tersebut didukung adanya lingkungan fisik yang sangat menguntungkan. Ditinjau dari kekayaan alam maka negara negara ini sangat kaya akan hasil tambang seperti biji besi, tembaga, dan lainya. Barang tambang ini merupakan bahan baku bagi perindustrianya.


    Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan beberapa ciri negara maju adalah sebagai berikut :
    1. Tersedianya modal yang besar
    2. Tersedia banyak tenaga ahli
    3. Pendapatan per kapita tinggi
    4. Angka kematian bayi rendah
    5. Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan
    6. Perekonomian di dorong dari sektor industri dan jasa
    7. Tingkat pendidikan penduduknya tinggi
    8. Angka harapan hidup yang tinggi

    Ciri Ciri Negara Berkembang

    Apa yang dimaksud dengan negara berkembang ? Negara berkembang adalah negara yang masih mendasarkan tiang perekonomiannya pada sektor pertanian. Hasil pertanian yang dihasilkan kebanyakan berupa bahan mentah sehingga harganya masih relatif murah.Ciri ciri negara berkembang dapat dilihat dari beberapa faktor seperti ciri ciri negara maju, yaitu meliputi faktor ekonomi (pendapatan perkapita), pendidikan, penduduk, da lingkungan fisik suatu negara. Berikut adalah penjelasanya dan ciri cirinya

    1. Segi Ekonomi (pendapatn per kapita)

    Dilihat dari segi ekonomi, negara negara brkembang seperti indonesia, india, bangladesh, kenya, dan negara berkembang lainya, pertumbuhannya sangat lambat. Negara berkembang di Asia, Afrika, dan Amerika latin sebagian besar penduduknya masih mengutamakan unsur pertanian sebagai tiang pereknomoiannya.

    Negara berkembang masih memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Umumnya, sumber daya alam yang ada belum dapat digali secara optimal karena kekurangan tenaga ahli dan modalnya kecil.

    2. Segi pendidikan

    BIla dibandingkan dengan negara maju, pendidikan di negara berkembang masih tertinggal. Untuk mengetahui keadaan pendidikan di negara negara berkembang, berikut adalah uraiannya :

    Pendidikan di beberapa negara berkembang di benua asia :
    • Berdasarkan statistik kesejahteraan rakyat tahun 2003 kemampuan membaca dan menulis penduduk indoesia sudah mencapai 90,94%.
    • Pendidikan di India dapat dilihat dari angka melek huruf pada tahun 2003 yang baru mencapai 56% yang meliputi penduduk yang tinggal di pedalaman. Upaya pemerintah india untuk mengatasi masalah tersbeut adalah dengan menyelenggarakan pendidikan secara gratis di negara negara bagian.
    Pendidikan di beberapa negara berkembang di Benua Afrika :
    • Di kenya, setelah memperoleh kemerdekaan, kemajuan pendidikan disana meningkat drastis. Untuk sekolah dasar dan menengah biasaya ditanggung pemerintah. hal ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dalam sektro pendidikan.
    • Di ethiopia, pada tahun 2003 tingkat melek huruf baru mencapau 43%. BAru 10% anak usia sekolah yang telah bersekolah. demikian pula presentase untuk melanjutkan ke sekolah lanjutan yang masih sangat kecil

    3. Kualitas Penduduk

    Kualitas penduduk di beberapa negara berkembang umumnya masih rendah. Baru beberapa negara yang mencapai di atas US $3000. Seperti Indonesia, Guatemala, dan El salvador. Contoh negara negara berkembang lainya seperti negara negara berkembang di benua afrika yang masih di bawah US $1000 yang meliputi kenya, nigeria, dan ethiopia.

    4. Lingkungan Fisik

    Lingkungan fisik sangat berpengaruh terhadap keadaan suatu negara. Apabila lingkungan fisik suatu negara sering dilanda banjir, gunung meletus, dan tsunami, maka tentu sangat merugikan sekali. Keadaa seperti itu sering melanda negara maju maupun negara berkembang.

    Lingkungan fisik suatu negara juga berkaitan dengan letaknya di dunia. Negara yang terletak di wilayah tropis tentu memiliki lingkungan fisik yang jauh berbeda dengan di wilayah subtropis dan wilayah kutub. perbedaan tersebut bisa dalam hal sumber daya alam meupun sumber daya manusianya.


    Berdasarkan Uraian di atas, Maka dapat disimpulkan beberapa ciri negara berkembang adalah sebagai berikut :
    1. Permodalan yang ditanamkan masih relatif kecil
    2. Tenaga ahli belum banyak tersedia
    3. Angka kematian bayi yang masih tinggi
    4. Pendapatan per kapita umumnya kecil
    5. Sebagian besar penduduk berempat tinggal di pelosok (desa)
    6. Angka harapan hidup rendah
    7. Perekonomian sebagian besar didorong dari sektor pertanian
    8. Tingkat pendidikan penduduknya masih relatif rendah

    Sekian artikel saya dengan judul Ciri Ciri negara Maju dan Negara Berkembang. Semoga bermanfaat bagi anda dan semuanya. Trimakasih telah membaca Artikel tentang negara maju dan negara berkembang pelajaran IPS kelas 9. terimakasih.
  • 5 komentar:

    1. waaaahhhh..............
      kapan ya Indonesia bisa jadi negara maju :o

      BalasHapus
    2. Terimakasih Infonya kawan .. dengan ini saya bisa tahu berbagai Negara maju dan Berkembang beserta ciri-cirinya .. Bermanfaat banget ^^

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya sama sama :) trimakasih juga kunjungan nya :)

        Hapus
    3. Terima Kasih membantu bgt lagi uas gini :D

      BalasHapus
    4. Mau tanya ada lain gak ciri2 nya selain dri segi eko dan pendidikan. Misalnya budaya dll

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014