• Faktor Faktor yang mempengaruhi penawaran - IPS

    Hari ini saya akan memposting sebuah artikel dari pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan bab permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar. Artikel hari ini judulnya adalah Faktor Faktor yang mempengaruhi penawaran - IPS. Dan berikut adalah Faktor faktornya:
     
     

    a. Biaya ongkos produksi.

    Untuk menghasilkan suatu barangdiperlukan biaya. Tinggi rendahnya biaya produksi yang dikeluarkan akan menentukan pula harga suatu barang. Bila barang sudah tinggi maka penawaran cukup tinggi, dan sebaliknya jika biaya produksi rendah, maka penawaranpun juga rendah. Jadi intinya adalah Biaya produksi mempengaruhi penawaran.


    b. Faktor Teknologi

    Peralatan yang digunakan dalam berproduksi yang menyangkut teknologi akan menentukan besar kecilnya kapasitas produksi pada suatu perusahaan. Dengan demikian perusahaan yang banyak menggunakan teknologi canggih misalnya akan berpengaruh terhadap harga baran, sehingga penawaranpun akan lebih tinggi bila dibanding dengan perusahaan sejenis tetapi tidak menggunaan teknologi. Jadi teknologi mempengaruhi penawaran.

    c. Faktor kebutuhan akan uang tunai.

    Perusahaan kecil biasanya keuangannya kurang kuat bila dibanding dengan perusahaan besar. Akan tetapi penawaran yang dilakukan terus menerus oleh perusahaan kecil akan memberikan keuntungan meskipun sedikit. Tetapi yang penting perusahaan itu tetap memiliki uang tunai, sehingga kelangsungan hidup perusahaan terjamin. Jadi uang tunai sangat diperlukan dalam rangka menghidupkan perusahaan dalam rangka mendapatkan keuntungan.


    d. Harga Pasar

    Perusahaan dalam menentukan harga pasar harus mempertimbangkan harga barang dari perusahaan lain. Sebab harga barang yang ditawarkan terlalu tinggi, berakibat permintaan terhadap barang tersebut akan turun. Maka perusahaan harus hati hati dalam menentukan penawaran, karena menyangkut harga barang, yang bisa membuat perusahaan mengalami kerugian akibat permintaan berkurang. Jadi harga pasar ikut mempengaruhi adanya penawaran.

    e. Faktor persaingan monopoli.

    Untuk menguasai pemasaran dan penawaran, serta monopoli dalam perdagangan, maka banyak cara yang digunakan oleh para pengusaha, agar barang yang diproduksi akan menang dalam persaingan tersebut, yang akhirnya produk tersebut laku di pasaran. Jadi persaingan dan monopoli mempengaruhi penawaran.

    f. Faktor keuntungan yang diharapkan

    Karena motivasi keuntungan, maka produsen/penusaha berlomba untuk meningkatkan produksinya serta memperluas dan mengembangkan usahanya guna mencapai target yang telah ditentukannya. Jadi faktor keuntungan mempunyai pengaruh terhadap penawaran.

    sekian artikel saya dengan judul Faktor Faktor yang mempengaruhi penawaran mari baca artikel IPS lainya di febrian.web.id - trimakasih
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014