• Faktor Faktor yang mempengaruhi permintaan - IPS

    Hari ini saya akan memposting artikel dengan judul Faktor Faktor yang mempengaruhi permintaan - IPS. Berikut artikel yang saya berikan .




    Jumlah barang yang diminta (permintaan) di pasar dipengaruhi hal hal berikut :

    a. Pendapatan/daya beli masyarakat.

    Jika pendapatan seseorang penduduk berkurang, maka daya beli masyarakat akan turun, berarti permintaan berkurang, sebaliknya jika pendapatan masyarakat bertambah, maka daya beli akan bertambah pula, berarti permintaan bertambah. Jadi pendapatan atau penghasilan seseorang ikut menentukan besar kecilnya permintaan.

    b. Intensitas kebutuhan (tingkat kebutuhan)

    Jika kebutuhan akan barang mendesak, maka permintaan akan nai (bertambah) sebaliknya kebutuhan akan barang tidak mendesak, maka permintaan akan turun. Misalnya pada tahun ajaran baru, kebutuhan akan bukti dan alat tulis meningkat, berarti permintaan bertambah, begitu pula pada hari raya permintaan akan pakaian, daging, telur meningkat, sehingga permintaan terhadap barang tersebut bertambah. Sebaliknya hari hari biasa permintaan akan barang barang dipengaruhi intensitas/tingkat kebutuhan.

    c. Selera konsumen

    Selera konsumen terhadap suatu barang akan meningkat apabila ia cocok dan senang dengan barang tersebbut. Berarti permintaan bertambah, sebaliknya bila tidak cocok maka ia tidak akan membeli, berarti permintaan berkurang.
    Contohnya muncul jenis pakaian baru yang sangat disenangi para remaja, maka ia akan membeli berapapun harganya, sehingga barang tersebut sangat laris, berarti permintaan barang tersebut meningkat. jadi permintaan dipengaruhi oleh selera konsumen.

    d. Harga barang.

    Tingkat harga barang yang terlalu tinggi akan mempengaruhi turunnya permintaan, Sebaliknya tingkat harga barang rendah atau murah akan berpengaruh meningkatnya permintaan terhadap barang tersebut. Jadi permintaan dipengaruhi harga barang.

    e.Jumlah konsumen yang ada di pasar.

    Apabila konsumen di pasar tersebut banyak berarti permintaan bertambah, sebaliknya konsumen di pasar sedikit berarti permintaan berkurang. Jadi permintaan juga dipengaruhi oleh banyak sedikitnya konsumen yang ada di pasar.


    f. Terdapat barang pengganti (Substitusi)

    Jika permintaan terhadap suatu barang substitusi naik maka akan mempengaruhi barang substitusi lainya. Misal : konsumen shampo banyak membeli shampoo Panteen (merk) otomatis permintaan shampoo yang lain berkurang.

    Trimakasih sekian artikel saya dengan judul Faktor Faktor yang mempengaruhi permintaan - IPS untuk kelas 8. Semoga bermanfaat , mari baca artikel lainya tentang IPS disini.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014