• Perubahan perilaku akibat globalisasi - beserta contohnya

    Febrian.web.id hari ini saya akan memposting artikel dengan judul Perubahan perilaku akibat globalisasi apa saja perubahan perubahannya ? berikut:

    Perubahan perilaku akibat globalisasi tidak hanya terjadi di masyarakat perkotaan. Masyarakat pedesaan pun telah terpengaruh oleh globalisasi. Singkatnya, siapa pun yang sudah mengenal teknologi komnukasi maupun transportasi akan merasakan dampak dari globalisasi.




    Pengaruh globalisasi dapat berdampak positif maupun berdampak negatif. Kita harus pandai memilah milah pengaruh dari arus globalisasi ini. Segala sesuatu yang baik kita ambil, sementara segala sesuatu yang buruk kita tinggalkan.

    Berikut adalah beberapa contoh pengaruh globalisasi yang terjadi di masyarakat.


    1. Gaya Hidup

    Tentunya Kalian pernah mendengar ungkapan yang berbunyi "time is money" ? ungkapan tersebut secara sederhana dalam bahasa indonesia berarti waktu adalah uang. Begitu pentingnya waktu, sehingga disamakan dengan uang.

    menghargai waktu sangatlah penting. Dengan menghargai waktu, kita dapat menjadi orang yang disiplin. Orang yang disiplin dapat bekerja dan dapat memperoleh hal atau sesuatu yang lebih baik.

    Namun ada juga perubahan perubahan yang buruk pada gaya hidup akibat globalisasi. Contohnya, orang meniru gaya hidup bangsa lain yang tidak sesuai dengan kehidupan bangsa kita. Bagi orang barat, tidak masalah jika memanggil dengan nama saja kepada orang yang lebih tua. Tapi bagi orang timur, hal tersebut dianggap tidak sopan.


    2. Transportasi

    Jarak yang jauh sekalipun bukan masalah bagi masyarakat sekarang. Berbagai sarana angkutan sudah tersedia dari yang sederhana sampai canggih. Dengan arus globalisasi ini, pergerakan orang dan barang semakin cepat dan mudah.

    Gambar pesawat Cargo yang dapat mengirim barang semakin cepat

    Teknologi transportasi yang berkembang dengan pesat memberikan pelayanan dengan baik. Perpindahan orang dan barang dilakukan dengan alat angkutan yang modern. Pesawat udara memungkinkan melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu yang relatif singkat.


    3. Makanan

    Makanan pokok bagi orang indonesia pada umumnya adalah nasi. Dulu apabila kita berkesempatan makan di restoran, biasanya yang tersaji adalah makanan makanan menu indonesia. Disana kita dapat mendapatkan makanan khas dari padang, khas dari betawi, khas dari sunda, dan khas dari daerah lainya. Tapi kini, dalam era globalisasi, kita dapat dengan mudah mendapatkan makanan makanan yang khas dari negara lain.


    4. Nilai nilai tradisi

    Nilai atau norma merupakan aturan tidak tertulisa tetapi berlaku dan dihormati oleh anggota masyarakat. Nilai dan tradisi di suatu tempat kadangkala berbeda dengan tradisi di tempat lain. Dalam era globalisasi ini, segala nilai atau tradisi dari berbagai daerah telah bercampur. 

    Gambar Makanan Barat
     
    Kadang kadang kita mendapat kesulitan untuk membedakan tradisi asli dengan tradisi yang berasal dari luar.


    5. Pakaian

    Arus globalisasi berpengaruh pada jenis model pakaian. Dengan adanya globalisasi, pakaian dengan mode yang sama dipakai banyak orang di berbagai belahan dunia. Baju jas yan merupakan budaya bangsa barat sudah menjadi baju internasional. Semua orang dari berbagai negara memakainya pada acara acara resmi.

    Gambar celana jeans, dulu jeans hanya di gunakan oleh orang di pertambangan
    kini menjadi tren


    Begitu juga dengan celana jeans. Celana jeans menjadi mode pakaian yang global. Di mana pun, orang sudah terbiasa mengenakan celana jeans dalam kegiatan sehari hari. Padahal semua celana jeans hanya digunakan oleh orang orang amerika yang bekerja di pertambangan. Kini celana jeans di pakai untuk kegiatan santai atau acara setengah resmi.

    Hal yang sama juga terjadi pada baju kaos yang berbentuk huruf T atau yang sering disebut dengan T-shirt. jenis pakaian ni sudah menjadi pakaian yang biasa dan dapat ditemukan di tempat manapun.

    Apakah perubahan cara berpakaian berdampak buru atau sebaliknya? hal tersebut sangat bergantun pada bagaimana cara kita memandangnya. Cara berpakaian tersebut memiliki dampak yang negativ atau buruk jika tidak sesuai dengan norma norma yang berlkau dalam masyarakat indonesia. dengan demikian globalisasi telah membawa pengaruh yang tidak baik. Sedangkan dampak positifnya semakin beragam jenis, modal, dan bahan pakaian yang tersedia di pasar serta mudah untuk didapatkan.


    6. Komunikasi

    Saat ini teknologi komunikasi telah berkembang semakin canggih. Kita bisa melakukan komunikasi lebih mudah dan cepat, bahkan dengan orang orang yang berbeda jauh daru negara negara lain. Hal ini dapat dilakukan dengan seiring ditemukannya berbagai peralatan komunikasi yang canggih, contohnya  adalah telepon seluler, internet, dan lainya.

    Telepon seluler adalah telepon yang bisa dibawa kemana mana karena tidak harus tersambung dengan jaringan kabel tertentu. sedangkan teknologi internet adalah teknologi yang dapat menghubungkan satu jaringan komputer komputer lainya di seluruh dunia. Dengan internet, kita dapat mengetahui kejadian di berbagai tempat di dunia.

    kemudahan berkomnukiasi dan berhubungan dengan orang orang lain membuat globalisasi terjadi semakin cepat dan semakin luas. Dengan demikian, masyarakat dari berbagai kebudayaan yang ada di dunia dapat saing mempengaruhi dan saling mengenalnya.


    Sekian artikel saya dengan judul Perubahan perilaku akibat globalisasi - beserta contohnya Semoga bermanfaat bagi anda, Mari baca artikel lainya seperti yang salah satu ini : Recomendasi tempat download teraman Jalantikus.com . Terimakasih semoga artikel saya bermanfaat.
  • 5 komentar:

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014