• Peran Indonesia dalam Globalisasi - IPS

    Hari ini saya memposting artikel IPS dengan judul Peran Indonesia dalam Globalisas sebelumnya dalam tema yang sama yaitu Globalisasi saya telah memposting artikel dengan judul Sikap Kita terhadap globalisas. Apa saja peran indonesia dalam globalisasi ? berikut




    Sumber daya alam, keanekaragaman budaya, dan jumlah penduduk yang besar merupakan potensi alam yang memiliki peran penting di era globalisasi ini. Jika setiap potensi yang kita miliki dapat dikelola dengan baik, maka akan mendatangkan manfaat bagi bangsa indonesia dan bagi seluruh manusia di dunia. Agar potensi yang ada bermanfaat bagi kehidupan umat manusia, maka bangsa indonesia membuka diri untuk bekerja sama dengan pengusaha pengusaha asing, terutama dalam hal permodalan dan tenaga ahli.

    1. Pendirian Perusahaan Asing di Neagara Indonesia

    sebenarnya perusahan asing yang berada di indonesia tidak semua dimiliki oleh pengusaha dari luar negri. Ada sebagian perusahaan yang sahamnya juga dimiliki oleh indonesia. Pemerintah mengupayakan hal ini agar bangsa indonesia turut menikmati hasil dari kekayaan alamnya.

    Perimbangan kepemilikian saham tidak sama antara perusahaan satu dengan peruahaan lainya. besarnya kepemilikan saham ini tergantung pada kesepakatanbersama.

    2. Alasan Perusahaan Asing ada di Indonesia

    Perusahan asing mendirikan pabrik di Indonesia dengan berbagai macam alasan. Tentunya mencari keuntungan merupakan alasan yang utama dari perusahaan tersebut. Apa saja alasannya? berikut

    a. Ketersediaan bahan baku
    Kekayaan alam indonesia melimpah dan tersedianya bahan baku mendorong perusahan asing menanamkan modalnya di Indonesia. Perusahaan asing menanamkan modalnya dalam berbagai bidang.

    b. Tenaga kerja yang melimpah
    Upah tenaga kerja yang murah menguntungkan bagi perusahaan asing. Dengan upah tenaga kerja yang murah, perusahaan dapat menekan biaya produksi semurah mungkin. Padahal, barang dijual kepada para konsumen dengan harga yang sangat tinggi.

    c. Konsumen yang besar
    Saat ini jumlah penduduk di Indonesia berjumlah 200 juta jiwa. Jumlah penduduk yang besar ini merupakan pasar yang sangat potensial untuk penjualan barang dan jasa. Pemasaran produk barang dan jasa tergantung terhadap daya belu masyarakat. Kalau daya beli masyarakat tinggi, otomatis tinggi pula permintaan terhadap suatu barang. Sebaliknya, kalau daya beli masyarakat rendah, maka otomatis permintaan barang akan menjadi rendah.

    3. Untung Rugi adanya Perusahaan asing

    Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari beroperasinya perusahaan asing di negara kita sendiri yaitu indonesia.


    A. Keuntungan

    Dari segi keuntungan ada perusahaan asing yang membawa keuntungan bagi pemerintah dan juga rakyat indonesia. Apa saja keuntungan keuntungan nya ? berikut

    1) menyediakan kapangan kerja
    Indonesia mempunyai angkatan kerja yang sangat besar. Tiap tahun, jumlah pencari kerja terus meningkat. Sementara itu, kesempatan kerja sangat terbatas.

    2) Meningkatkan Kesejahteraan
    Perusahaan asing yang beroperasi di indonesia menghasilkan barang dan jasa yang dipasarkan kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh barang kebutuhannya. Terpenuhinya barang kebutuhan hiduo membuat rakyat menjadi sejahtera.

    3) Meningkatkan pendapatan Negara
    Keberadaan perusahaan asing di indnesia harus mengikuti peraturan yang berlaku. Dalam peraturan disebutkan bajwa setiap perusahaan harus membayar pajak. Perusahaan nasional maupun perusahaan asing berkewajiban membayar pajak. Dari pajak inilah negara indonesia membiyayai pembangunan karena pajak yang dibebankan kepada perusahaan asing menjadi pendapatan negara.

    4) Penerapan teknologi
    Perusahaan multinasional mempunyai modal yang sangat besar. Mereka telah menggunakan teknologi tinggi dalam menjalankan usahanya. dalam penggunaan teknologi tersebut, tenaga kerja indonesia dididik dan dilatih oleh tenaga ahli asing. Proses pelatihan ini disebut dengan Ahli Teknologi

    B. Kerugian

    Bila tadi di atas saya memberikan dampak positif nya atau keuntugan selanjutnya keberadaan perusahaan asing juga berdampak negatif atau merugikan. Berikut adalah beberapa kerugian yang disebabkan adanya perusahan asing yang beroperasi di indonesia.

    1) Tidak sepenuhnya menikmati hasil kekayaan alam
    Anda telah mengetahui kekayaan alam indonesia yang begitu melimpah. Kekayaan alam yang melimpah ini belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat. Hal ini karena pemerintah tidak punya Modal dan sumber daya manusia yang ahli untuk mengolah kekayaan alam ini.

    2) Pencemaran pada Lingkungan
    Banyak industri asing yang membuang limbah cairannya langsung ke sungai. Hal ini akan mengakibatkan pencemaran air sungai dan air laut tempat sungai bermuara.

    Begitu juga dengan industri yang membuang asap pembakarannya langsung ke udara. Hal ini akan mengakibatkan pencemaran udara disekitar lingkungan industri tersebut seperti rumah rumah warga. Dengan demikian industri yang tidak dikelola dengan baik dapat membuat kerusakan lingkungan.

    3) Peralihan fungsi lahan
    Pembangunan sebuah industri di tempat yang jauh dari pemukiman penduduk. Areal untuk industri biasanya menggunakan tanah persawahan atau tanah datar luas.

    Berikut adalah video video yang saya ambil dari youtube tentang Perusahaan asing di indonesia :




    Terimakasih sekian artikel saya tentang IPS kelas VI dengan judul Peran Indonesia dalam Globalisasi  semoga bermanfaat bagi anda. Mari baca artikel menarik lainya seputar globalisasi seperti artikel tersebut dengan judul Pengertian dan Ciri ciri Globalisasi, Perubahan perilaku akibat globalisasi, Bukti Globalisasi di sekitar kita. Trimakasih
  • 2 komentar:

    1. Hai bri.. udah lama ga berkunjung ke blog ini :) makin eksis aja :D
      terus sharing ilmu yg bermanfaat ya :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. hai juga mas :) saya terus ngpost artikel pelajaran mas..soalnya dari yang nyari artikelnya banyak .. :)

        Hapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014