• Pengertian Organisasi dan Unsur-unsurnya

    Hari ini saya akan memposting artikel dengan kaetgori pendidikan kewaganegaraan tentang Pengertian organisasi dan unsur unsur dalam Organisasi. Artikel ini saya ambil dari LKS pkn kelas 6. Berikut artikel nya

    Pengertian Organisasi dan Unsur-unsurnya


    Organisasi adalah bentuk perkumpulan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama ntuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Ada beberapa unsur yang diperlukan dalam suatu organisasi. Tujuan dari organisasi yaitu agar organisasi berjalan lancar dan bisa meraih semua tujuan atau cita cita yang telah ditemukan.

    Pengertian Organisasi

    Arti Organisasi menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), organisasi adalah kesatuan yang terdiri atas bagian bagian atau orang orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, organisasi adalah tempat berkumpulnya orang orang demi tujuan tertentu. Organisasi terbentuk bila dua orang atau lebih maupun sekelompok orang yang bekerja sama dan menjalankan suatu pekerjaan atau kegiatan demi mencapai tujjuan yang sama pula.

    Dalam suatu organisasi terdapatpembagian tugas. Pembagian tugas yan dilakukan harus disesuaikan dengan kemampuan setiap individu.

    Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untku melakukan kerjasama dalam upaya mencapai tujuan bersama.

    Sebuah organisasi memiliki pengurus, anggota, dan tujuan. Tujuan dibentuknya organisasi adalah agar kegiatan organisasi berjalan dengan lancar, dan para anggota dapat menjalin kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    Salah satu contoh yang sederhana dari organisasi adalah pengurus kelas, yang bertugas mengurus dan mengatur kelas sebagai tempat belajar. Pengurus kelas terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi seksinya.

    Unsur unsur dalam organisasi

    a. Anggota (manusia)
    Anggota dalam sebuag organisasi adalah manusia. Organisasi merupakan alat atau wadah untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Sebagaimana contoh di atas, agar tujuan dari tugas yang diberikan dari guru bisa berjalan dengan baik, maka dibuatlah organisasi kecil dalam lingkup kegiatan belajar. 

    b. Tempat
    Setiap organisasi selalu memiliki tempat dimana organisasi itu dibuatnya. Mungkin saja tempat organisasi itu di dalam kelas. Sebagai mana contoh organisasi yang kecil dalam melaksanakan tugas dari guru. Ada organisasi yang berada di kantor kantor, di pemerintahan, bahkan banyak pula organisasi yang tempatnya berada di masyarakat. Ada pula organisasi lainya seperti politik. Semua memiliki organisasi pasti memiliki tempat.

    c. Tujuan
    Organisasi dibentuk karena memiliki tujuan yang hendak dicapai. untuk itulah maka semua organisasi pasti mempunyai tujuan. Membuat organisasi kelompok belajar contohnya, tujuannya adalah agar belajar bisa dapat lebih efektif dan hasilnya lebih baik.

    Jika sebuah organisasi tidak memiliki tujuan, maka tidak ada gunanya organisasi itu dibentuk.Begitu pula dalam tujuan yang ada tentunya harus sama. jika tujuanya berbeda beda, Maka tidak perlu dibentuk prganisasi.

    d. Tugas
    Organisasi itu akan ada jika ada tugas yang dilakukan. Apda dasarnya dengan organisasi yang ada harapan pekerjaan itu bisa dikerjakan secara efektif. Pekerjaan itu bisa dikerjakan dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan.

    Misalnya seorang guru membiarkan tugas kepada siswa secara berkelompok, tentunya tugas ini tidak dikerjakan sendiri-sendiri, tetapi harus dikerjakan secara berkelompok. Agar pekerjaanya itu dapat sesuai dengan yang diharapkan oleh gurunya, maka dibentuklah organisasi dalam menyelesaikan tugas bersama.

    e. Struktur
    Apa arti dari struktur? struktur artinya hubungan kerja antar bagian. Dalam organisasi, ada hubungan kerja antar bagian. sebuah contoh ada organisasi sekolah, yang di dalamnya terdapat tugas yang jelas antar masng masing bagian.

    Yaitu terdapat ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, lalu ada bagian kebersihan, keamanan, keindahan, kekeluargaan, dan lain lain. Semua menjalankan fungsinya masing masing. Di bawah ini adalah contoh Gambar struktur organisasi kelas.

    Gambar Struktur Organisasi kelas.

    Terimakasih sekian artikel saya tentang Pengertian Organisasi dan Unsur-unsurnya Mari membaca artikel tentang PKN lainya [disini].
  • 6 komentar:

    1. Keren gan infonya sangat bermanfaat :D thank for share. Ijin follow blog kamu jangan lupa back..
      - Kata Share -

      BalasHapus
      Balasan
      1. ok mas :) trimakasih atas kunjungan dan follow blog nya :)

        Hapus
    2. wah mantap gan makasih materi nya lengkap hehhee :D

      BalasHapus
    3. Balasan
      1. Silahkan :) , trimakasih kunjungan nya :)

        Hapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014