• Macam macam Aktivitas Untuk melatih Kekuatan Otot

    febrian.web.id - Hari ini saya akan memposting artikel dengan pelajaran olah raga, judul nya adalah Macam macam Aktivitas Untuk Kekuatan Otot untuk anak sd . Apa saja Aktivitas nya ? berikut Macam macam Aktivitas Untuk Kekuatan Otot.


    1. Latihan Push Up

    Berdirilah secara berpasangan berhadap hadapan kemudian salah satu tiarap melakukan push up,  push up yaitu tiarap bertumpu pada kudua telapak tangan dan kedua ujung kaki siku ditekuk. Kemudian berusahalah meluruskan siku, tekuk lagi sampai berulang kali dan badan tidak boleh menyentuh lantai. Sedangkan teman yang berdiri tugasnya menghitung 3 set, setiap set 10 kali (setiap set istirahat kurang lebih 10 detik).


    Ilustrasi

    Gerakan push up jika dilakukan dengan tehnik yang benar dan rutin dapat menguatkan oto lengan dan bahu. Karena push up cukup berat dilakukan sering siswa melakukan kesalahan dan kecurangan karena merasa berat. Kesalahan pada umumnya adalah:
    a. Siku tidak ditekuk
    b. badan diletakkan ke lantai
    c. dada dan perut yang naik turun bergerak melengkung
    d. pantay menyudut
    e. yang bergerak pantan bukan lengannya
    jika anda sudah mampu melakukan tiga set, tingkatkan menjadi 4set dan set set seterusnya.

    2. Latihan Pull Up

    Persiapkan di sekolah kalian palang tunggal yang terbuat dari pipa/ kayu bulat/ataupun bambu. Buatlah secara permanen dengan ketinggian 2meter agar dapat digunakan latihan sewaktu waktu. Caranya naik dengan meloncat kedua tangan meraih palang tunggal tersebut di atas kalian atau kalian naik terlebih dahulu dengan kursi atau dengan diangkat teman dan guru olahraga anda.

    Gerakan ini lebih berat daripada push up karena tangan dan bahu benar benar mengangkat beban badan keseluruhan sehingga tidak mudah untuk dilakukan, tetapi yang sudah terbiasa terkadang sangat mudah untuk melakukannya.
    Ilustrasi Pull up

    Untuk itu, wajar jika kalian sering melakukan kesalahan, adaun kesalahan yang sering terjadi saat melakukan pull up antara lain adalah :
    a. Dagu tidak sampai di atas palang tunggal.
    b. kedua kaki terangkan ke depan.
    c. kedua kaki bergantng gantung/ berayun

    Gerakan yang benar pada sat pull up adalah gunakan kekuatan tangan dan bahu secara penuh untuk mengangkat tubuh dengan cara menekuk siku sampai dagu melewati palang tunggal. Jika ingin lebih ringan, maka tubuh dan kaki dijaga tetap lurus jangan sampai menyudut.

    3. memanggul Teman pada bahu

    Memanggul teman pada bahu dilakukan dengan berdiri secara berhadapan. Kemudian, bagi yang memanggul sedikit merendah, sedangkan  yang dipanggul melemas di atas salah satu bahu teman di depannya yang merendah. Kemudian, teman yang merendah mulai memegang tubuh yang dipanggul dan berdiri tegak.
    Ilustrasi

    ini cukup berat dilakukan, kalian sebaiknya mencari teman yang seimbang berat badannya. Jangan sampai mencari pasanan yang lebih berat badannya karena nanti tidak bisa bergantian.

    Setelah berhasil memanggul, kemudian berjalan ke depan dari perlahan bebera langkah, setelah kelihatan pas dan kuat teruskan agak cepat ke garis batas yang telah di tentukan. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan sebaiknya lakukan secara berlomba.

    4. Latihan Memanjat dengan Tali

    Latihan memanjat ini dapat anda lakukan dengan cara tali tambang diikat di palang tunggal atau di cabang pohon yang sangat kuat. Pilihlah tali yang terbuat dari sabut kelapa bukan yang dari plastik karena bila terbuat dari plastik tangan anda akan licin saat memanjat dan panas. 
    ilustrasi
    Untuk memudahkan kalian memanjat khusus dengan tangan, sebaiknya tali tersebut kalian buat ikatan (untuk mengganjal, bundelan) setiap 20cm.

    5. Dorong Mendorong beregu (tarik tambang)

    Gerakan dorong mendorong beregu sangat menyenangkan semua orang, baik anak anak maupun orang dewasa. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara beregu dalam acara penting, misalnya dalam rangka memperingati HUT RI, pertandingan antar kelas dalam rangka Hari Anak nasional dan hari hari lainya. 
    Ilustrasi tarik tambang
    Hal yang terpenting pada gerakan ini adalah bertujuan melatih kekuatan otot tangan, bahi, dan kaki.


    Sekian artikel saya Macam macam Aktivitas Untuk Kekuatan Otot Semoga bermanfaat bagi anda. Trimaaksih untuk mengunjungi febrian.web.id

  • 1 komentar:

    1. kayaknya paling bagus push up ya mas ?? mencakup keseluruh otot tubuh...

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014