• Faktor Penyebab Terbentuknya Perilaku Menyimpang

    Hari ini saya akan memposting lagi artikel tentapng IPS dengan judul Faktor Penyebab Terbentuknya Perilaku Menyimpang. Faktor faktor yang akan saya tulis disini sangat banyak sekali. Apa saja faktor faktor nya berikut adalah Faktor Penyebab Terbentuknya Perilaku Menyimpang.



    Berdasarkan faktor penyebabnya, perilaku penyimpang dapat terjadi karena hal hal berikut:
    1. Keluarga yang broken home
      Retaknya keluarga menyebabkan anggota keluarga mencari kesenangan di luar rumah. Misalnya: Kenakalan remaja yang disebabkan rumah tangga orang tua yang tidak harmonis.
    2. Pelampisan rasa kecewa
      Seseorang yang mengalami kekecewaan sering melampiaskan kekecewaannya dengan melakukan hal hal yang menyimpang, misalnya : lari ke narkoba, berjudi, dan lain lain.
    3. Keinginan untuk dipuji
      Orang ingin hidup mewah tanpa mau bekerja keras sehingga melakukan tindakan kriminal untuk memperoleh kekayaan secara cepat demi penampilanya.
    4. Proses belajar yang menyimpang
      Orang yang sering berinteraksi dengan pelaku penyimpangan sosial dapat terpengaruh atau ikut melakukan penyimpangan sosial. Contohnya seseorang menggunakan narkoba karena terpengaruh oleh pecandu narkoba.
    5. Dorongan kebutuhan ekonomi
      Karena terdesak masalah ekonomi, seseorang bisa melakukan kejahatan.Misalnya : merampok dengan dalih memerlukan uang untuk biaya hidup.
    6. Pengaruh lingkungan dan media massa
      Melakukan tindakan menyimpang karena meniru apa yang dia lihat di media massa seperti situs situs internet.
    7. Ketidaksanggupan menyerap norma budaya
      Seseorang yang menjalani proses sosialisasi yang tidak sempurna yang menyebabkan dia tidak sanggup menjalankan peranya sesuai dengan perilaku yang diharapkan oleh masyarakat. Misalnya anak dari keluarha broken home tumbuh menjadi anak nakal.
    8. Adanya Ikatan sosial yang berlainan
      Seseorang yang bermasyarakat dengan kelompok kelompok akan cenderung mengidentifikasi dirinya dengan kelompok yang paling ia hargai dan akan lebih senang bergaul dengan kelompoknya saja dari pada dengan kelompok lainya. Jika kelompok  yang ia ikuti ternyata menyimpang, maka diapun akan menjadi pelaku penyimpangan sosial.
    9. Akibat proses sosialisasi nilai nilai sub kebudayaan menyimpang
      Nilai sub kebudayaan menyimpang adalah kebudayaan khususyang normanya bertentangan dengan norma budaya umum. Contohnya : dalam lingkungan kelompok penjudi, berjudi merupakan hal yang wajar.
    10. Akibat kegagalan dalam proses sosialisasi
      Proses sosialisasi dikatakan tidak berhasil apabila individu tidak mampu mendalami norma norma masyarakat. Contohnya: jika keluarga tidak berhasil mendidik para anggotanya, maka yang terjadi adlaah penyimpangan perilaku
    11. Sikap mental yang tidak sehat
      Pelaku penyimpangan tidak merasa bersalah dengan apa yang dia lakukan . Contohnya Seseorang berprofesi sebagai pelacur.
     Terimakasih semoga artikel saya dengan judul "Faktor Penyebab Terbentuknya Perilaku Menyimpang" bermanfaat bagi anda. Baca artikel menarik lainya seputar Ilmu pengetahuan Disini.
  • 4 komentar:

    1. Memang dibutuhkan peran serta orang tua untuk bisa lebih baik mendidik anak agar tidak terjadi perilaku yang menyimpang

      BalasHapus
    2. akhir akhir ini ramai sekali bermunculan kasus penyimpangan prilaku terutama prilaku seksual. Setelah JIS kini ada yang lebih parah lagi... hadoh kiamat nih bumi kita :)

      BalasHapus
    3. sepertinya postingan ini dari buku ya mas feb?? kayak pernah baca hehehe...mantap sekali postingan mas febri....btw centro masih aktipkah?

      BalasHapus
    4. bener mas,poin yang ke-3 itu salah satu faktor yang sangat sering terjadi,apapun dilakukan karena ingin materi berlebih tanpa mau bekerja,sehingga pemikirannya pendek

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014