• Contoh Contoh Parikan - Bahasa Jawa

    Hari ini saya akan memposting artikel tentang parikan atau namalainya adalah puisi . Parikan yang akan saya berikan ada 12 contoh parikan. Mengapa saya akan memberikan artikel tentang contoh parikan yang berisi 12 macam, karena saya di sekolah baru saja di berikan tugas untuk membuat parikan sendiri, sebenarnya membuat parikan cukup mudah tanpa mencari di internet maupun di pepak hanya saja memikirkan kata katanya yang susah di dapatkan untuk itu kita harus sering sering membaca. Maaf bila kurang lengkap



    Ana 2 jenis parikan yaiku
    1. Parikan sing dumadi saka rong gatra (parikan tunggal)
    2. Parikan Sing dumadi saka patang gatra (parikan rangkep)
    Berikut contoh contoh parikane sing kula jupuk saka Pepak Basa jawa SD, SMP, lan sederajat

    1. Sepet sepet, Sawone mentah
    - Diempet empet, selak ra betah

    2. wedang bubuk, gula jawa.
    - Yen kepethuk, ati lega

    3. Wajik klethik, gula abang
    - Aja suthik, yen tumandhang

    4. Kembang jagung, dipethik Cina
    - barang wis kadhung, dikapakna

    5. Godhong kecipir, mrambat kawat
    - Najan gak mampir, nanging liwat

    6. Manuk kutut, manggunge ngganter
    - yen ra nurut, bisa keblinger

    7. Manuk emprit, menclok godhong tebu
    - Dadi murid, sing sregep sinau

    8. Yen kembang kembange lamtara, dudu kembang wora wari
    - Mumpung sira isih mudha, sing taberi ngati ati

    9. Esuk nyuling sore nyuling, sulinge arek Yogyakarta
    - Esuk eling sore eling, sing dieling ora rumangsa

    10. Awan awan aja keluyuran, ana pak mantri numpak sekuter
    - kapan kapan aku keturutan, duwe kanca sinaune pinter

    11. Yen kembang kembange kacang, dudu kembange puspa nyidra
    - Sih cilik dikudang kudang, bareng gedhe gawe rekasa.

    12. Esuk nembang sore nembang, tembange asmaradana
    - esuk ngadhang sore ngadhang, sing diadhang ra teka teka

    Sekian artikel saya dengan judul Contoh Contoh Parikan - Bahasa Jawa semoga bermanfaat bagi anda semua. Mari baca artikel lainya selain artikel ini seperti Pengertian dan Ciri ciri Globalisasi, Perubahan perilaku akibat globalisasi, Bukti Globalisasi di sekitar kita. Trimakasih
  • 31 komentar:

    1. saya ikut belajar aza ya mas, agak kurang ngerti :D

      BalasHapus
    2. Dipelajarin dulu gan, agak kurang ngerti soalnya :D

      BalasHapus
    3. waduh memang bahasa jawa cukup menyulitkan bagi orang orang sekarang ini ,, dan seharusnya kita harus melestarikanya agar indonesia ini kaya alam budayanya, .
      makasih mas infonya .

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sebenarnya mudah mas ngomong nya .. soalnya saya jawa asli.. :)

        Hapus
    4. Parikan yang sindiran kaya gimana yo mas? Ra iso iki di golet ora ono

      BalasHapus
    5. Kalo "iwak lele......,sandhatane...
      Ngawe-awei sing....,entenane....."
      Mohon bantuannya buat ngerjakan pr

      BalasHapus
    6. mas kalau jemek-jemek gulajawa itu apa ya

      BalasHapus
    7. kalau bisa yang lengkap mas

      BalasHapus
    8. kalau bisa yang lengkap mas

      BalasHapus
    9. kalau bisa yang lengkap mas

      BalasHapus
    10. Kalo yang "manungso diginambar miring" itu saya pernah dengar di tontonan wayang,, pengen download filenya dimana ya mas
      Suwunn..

      BalasHapus
    11. Lanjotne bos makaryo parikanne njenengan

      BalasHapus
    12. Lanjotne bos makaryo parikanne njenengan

      BalasHapus
    13. "iwak lele mati kethutuk,sucenono pring silancah,ngawe ngawe seng kalung anduk"
      artinya apa gan?

      BalasHapus
    14. mas. kalo yang 8 wandha gimana..? kata guru gw salah melulu..

      BalasHapus
    15. Siip gan pantunya bagus "dolan dolan di paesi,sekian trimakasi

      BalasHapus
    16. Spongebob kuning ndase kotak
      Teletabis ndase bunder
      Yen sekolah aja macak
      Sinaua ben pinter

      BalasHapus
    17. parikan itu beda ama puisi boss...
      puisi tu bs jawanya geguritan...

      BalasHapus
    18. Kembang²nangka
      Sing dakpilih kembang kenanga
      Ayo kanca padha makarya
      Yen kepingin uripmu mulya
      Mbok ira, mbok ira,mbok ira kembange apa

      BalasHapus
    19. Wedang jahe kari siji
      Wedang kopi manis rasane
      Wayah sore bljar ngaji
      ...........lanjutkan

      BalasHapus
    20. Bagus,bisa jawab pertanyaan

      BalasHapus
    21. Matur nuwun mas, paringipun tuladha.

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014