• Arti dari Zuhud dan Tawakal - Beserta ciri dan hikmahnya

    Hari ini saya akan memposting rangkuman artikel tentang agama islam, sebelumnya tentang pendidikan agama islam saya memposting artikel tentang "Macam Macam akhlak tercela dan bahaya melakukannya" . Dan untuk hari ini saya akan membahas tentang apa arti dari Zuhud dan tawakal. artikel ini saya ambil dari LKS pendidikan agama islam kelas 8 semester 1.


    Arti dari Zuhud dan Tawakal - Beserta ciri dan hikmahnya

    Zuhud

    Zuhud secara bahasa artinya meninggalkan sesuatu dan tidak menyukainya. sedangkan secara istilah adalah menghindari, meninggalkan, dan menjauhi keduniaan karena iman dan lebih mengharapkan dan mencintai kehidupan akhirat. Sedangkan orang yang memiliki sikap zuhud dinamakan zahid.

    Sikap zuhud ini timbul sebagai cerminan dari iman yang sangat kuat untuk berlatih membersihkan diri supaya tidak terjebak pada urusan urusan dunia yang sifatnya membelenggu. Dia lebih mementingkan dan lebih menyukai pada kehidupan akhirat, dengan suatu keyakinan bahwa kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal sifatnya.

    Sikap zuhud ini dilakukan seseorang, bukan karena dia tidak mampu meraih keduniaan itu, akan tetapi ia sengaja menghindarinya, supaya hidupnya terbebasdari belenggu kehidupan duniawi, meskipun ia sangat mampu meraihnya. Contoh orang yang memiliki harta benda yang melimpah, mestinya dia dapat berfoya foya dengan hartanya itu, tetapi dia tidak melakukanya bahkan kehidupan sangat sederhana. Hal demikian dilakukan atas dasar iman dengan mengharapkan kelak dapat menikmati kehidupan di akhirat yang lebih baik.

    Apa Ciri ciri orang yang bersifat zuhud ? Seseorang yang bersifat zuhud memiliki ciri ciri antara lain sebagai berikut.

    1. Hidup sederhana
    2. Tidak menumpuk numpuk harta.
    3. Khusyuk dalam beribadah
    4. tidak melakukan hidup berfoya foya dan bermegah megah.
    5. Sangat berhati hati dalam memperoleh atau mencari nafkah.
    6. Menjauhi sesuatu yang dianggap syubhat apalagi haram.
    7. Senantiasa mengedepankan kepentingan akhirat

    Bersikap zuhud bukan berarti meninggalkan dunia, tetapi menjadikan dunia ini sekedar sarana untuk meuju akhirat. Orang yang menjadikan dunia sebagai tujuan akhirnya, maka hidupnya akan sengsara di dunia dan di akhirat.

    Apa hikmah dari sikap zuhud ? berbagai hikmah sikap zuhud antara lain :
    1. Menjadikan hidup bersih, jauh dari hal hal yang bersifat haram.
    2. menghindarkan seseorang dari perbudakan dunia.
    3. Menghindarkan seseorang dari sifat rakus, ambisius dan tamak.
    4. menjadikan hidup sabar dan tabah dalam menghadapi berbagai cobaan.
    5. Menjadikan pengendali dunia.

    Tawakal

    Perkataan tawakal menurut bahasa berasal dari kata kerja wakala, yang artinya yaitu mewakili atau menyerahkan. menurut istialh adalah berserah diri kepada Allah SWT dalam menghadapi pekerjaan atau situasi sesudah berusaha dengan daya dan upaya yang meksimal. 

    Menurut profesor. Dr. Hamka bahwa bertawakal hendaknya menyerahkan keputusan segala perkara, ikhtiar, dan usaha hanya kepada Allah, sebab Allah yang maha Kuasa sedangkan kita lemah dan tidak berdaya.

    Apa ciri ciri orang yang bersifat Tawakal ? Ciri ciri seseorang yang bersifat tawakal adalah

    1. Tawakal kepada Allah baru dapat dikerjakan setelah seseorang melakukan segala ikhtiar untuk mewujudkannya.
    2. Berkeyakinan, bahwa manusia wajib berusaha, tetapi hasil keputusanya berada dalam kekuasaan Allah SWT.
    3. Berusaha mengatasi kesulitan sampai mencapai batas maksimal.

    Bersikap tawakal sebenarnya mendorong seseorang menjadi Optimis, sebab hanya menggantungkan harapanya kepada Allah. aApabila ia berhasil tidak membuatnya sombong dan bila gagal tidak berputus asa. Jadi, sikap tawakal menghasilkan banyak manfaat yang besar bagi yang melakukannya, jika disertai niat yang ikhlas dan cara yang benar.

    Apa hikmah dari sikap bertawakal? beberapa hikmah dari sikap bertawakal adalah :

    1. Mendorong seseorang untuk bersikap optimis dalam segala usahnya, dan hanya bergantung kepada pertolongan Allah.
    2. Mendidik seseorang percaya diri dalam menghadapi cita cita sebab segala sesuatu yang dilakukannya diyakini akan berhasil.
    3.  membuat seseorang akan mensyukuri nikmat allah yang diterimanya, karena yakin karunia itu atas pemberian-Nya
    4. menjadikan hati merasa tenang dan tentram, sebab merasa dekat dengan Allah.
    5. Meningkatkan man seseorang dengan mematuhi apa yang diperintah Allah, pasti akan memperoleh keridaan-Nya

    Terimakasih sekian artikel saya dengan judul Arti dari Zuhud dan Tawakal - beserta Ciri dan hikmahnya Semoga bermanfaat bagi anda dan semuanya. Baca artikel menarik lainya di febrian.web.id dan berlangganan channel youtube febrian media .

  • 10 komentar:

    1. dengan zuhud, misal zuhud terhadap dunia tentunya akan membuat kita tidak dipusingkan oleh dunia dan akan terfokus pada akhirat ya mas...
      terima kasih mas telah menjelaskan arti dari zuhud dan tawakkal ini, saya jadi lebih tahu sekarang

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya mas .. lebih mengharapkan dan mencintai kehidupan akhirat. :)

        Hapus
    2. betapa susahnya untuk bisa bersikap seperti itu ya...

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya mas.. memang agak susah menjalani nya.. tergoda sama kehidupan di dunia

        Hapus
    3. Untuk biasa sampai pada tahap itu diperlukan pengetahuan terhadap agama yang memadai :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya mas betul sekali itu .. harus pintar dalam menjalankan agama :)

        Hapus
    4. Bismillaahi
      Tawaqqaltu alAllaahi
      Wa laa haula
      Wa laa quwwata illaa billaahi...!

      BalasHapus
    5. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Manfaat Bertawakal berikut artikel yang terkait tersebut di MANFAAT PRILAKU TAWAKAL UNTUK KEHIDUPAN LEBIH BAIK

      NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

      BalasHapus
    6. Assalamualaikum wr. Wb
      Salam sahabat, perkenalkan nama saya rully wicaksono. asal saya demak, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,
      Bismillahirrahmanirrahim
      Percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, 6 thn yang lalu. awalnya sy seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses,tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses, Bisnis saya bangkrut. saya punya anak dua dan mash kecil2, saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa2,.hutang di bank hampir 2m , diperongan jg yang kian menempuk + bunga, Bahkan rumah saya serta pabrik pun disita oleh bank. pada saat itu saya sempat putus asa dan saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak semua putus asa saya hilang.
      Iktiar demi iktiar saya lakukan, tapi mengalami jalan buntu. Teman dan saudara semua menghindar, ya begitulah……dikala senang banyak uang bak gula dikerumini semut. Tersirat dalam hati, tersengkur didepan sajadah, dosa apa yang saya lakukan ya tuhan, padahal dikala sukses saya termasuk orang yg dermawan, suka membantu teman, tetangga dan keluarga. Larut dalam kesedihan, kesusahan dan penderitaan ….. Ya tuhan, saya baru sadar bahwa selama ini usaha dan bisnis saya didapati dari hasil uang riba yang saya putarkan.
      Bulan terus berganti tidak terasa sudah hampir 2 thn sy berusaha untuk bangkit, apapun pekerjaannya saya lakukan bahkan jadi kuli bangunan, istri jualan sayur dpasar yang penting halal Puasa senin kamis pun sy lakukan agar dimudah doa dan keinginan. Alhamdulillah, ujian itu berakhir, Tuhan memberikan hidayahnya kepada saya meski pun lewat bantuan seorang Kyai. Beliau membimbing ke jalan yang lurus, membenarkan langkah kaki saya yg selama ini salah arah dalam bisnis. Beliau mengajarkan doa2, yang sangat mujarab. Alhamdulillah juga beliau menyarankan saya untuk merintis usaha (Usaha yg beliau sarankan), usaha baru mulai dari nol walaupun harus sakit sakit dahulu. ALLAHUAKABAR, 7bln usaha br yg saya rintis maju pesat. doa saya di ijabah, berkat bimbingan beliau serta arahannya usaha saya sangat pesat berkembang, Alhamdulillah ya ALLAH. Saat menulis kisah ini saya sudah bangkit kembali dan bisa untuk membayar hutang hutang, rasa kepercayaan orang lain timbul kembali. Dan Alhamdulillah saya sekeluarga sudah berangkat umrah . Hanya ALLAH yang bisa membalas budi baik kyai, beliau membantu tanpa Pamrih.
      Doa tanpa usaha, adalah suatu kebodohan. Usaha tanpa doa adalah suatu KESOMBONGAN. Yakinlah saudara2ku tiada satu manusia yang lolos dari cobaan , godaan dan ujian. Allah menguji sesuai kadar manusia masing2.
      Yuk banyak dhuha, banyak tahajud banyak berbagi dan bersedekahlah karena dengan sedekah suatu saat sedekah itu akan menolong diri sendiri.
      Hutang tetaplah Hutang yang harus dilunasi, karena hutang akan dibawa sampai mati dan harus dipertanggungjawabkan kepada Allah swt.
      Wassalam, semoga menjadi inspirasi
      (rullywicaksono21@gmail.com)

      BalasHapus
    7. Bener skli dimana hidup dunia ini hny sementera

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014