• Sikap Positif terhadap kedaulatan Rakyat



    Febrian.web.id - Indonesia menganut kedaulatan rakyat karena kekuasaan negara yang tertinggi berada di tangan rakyat, ini berarti negara kita menerapkan sistem pemerintahan yang demokrasi yaitu pemerintahan rakyat, dan rakyatlah yang memegang peranan yang menentukan. Semua warga masyarakat (yang memenuhi syarat)  diikutsertakan dalam kehidupan kenegaraan melalui aktivitas pemilu yang ditunjukan untuk mengisi lembaga lembaga permusyawaratan dan perwakilan rakyat serta memilih pimpinan negara.

    Oleh karena itu pemerintah demokrasi pada hakikatnya merupakan hasil dari aspirasi dan kemauan rakyat untuk memilih dan mengontrol penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai bukti kedaulatan rakyat.

    Negara selalu mengikutsertakan rakyat dalam memutuskan segala hal yang berhubungan dengan orang banyak, meski kadang melalui wakil wakilnua dengan jalan bermusyawarah untuk menghasilkan keputusan keputusan yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, mereka adalah wakil rakyat yang kita pilih sendiri melalui pemilu.

    Untuk itu kita harus menggunakan hak pilih kita secara hati hati dalam pemilu, sebab hasil pemilu itu berpengaruh baik langsung atau tidak langsung secara menguntungkan atau merugikan terhadap nasb rakyat selanjutnya.

    Di era reformasi terbuka peluang dan kesempatan untuk ikut serta berpartisipasi mewujudkan kehendak rakyat banyak, sesuai dengan kualitas kemampuanya. Kehendak rakyat banyak berbeda beda, berkaitan dengan ini partai partai politik memfasilitasi pendirian pendirian yang berbeda dan ikut menyatakan pendirian tersebut ke dalam aliran yang dianut oleh partai partai tersebut.

    Dengan adanya politik cita cita kenegaraan yang tadinya belum nyata akan menjadi nyata, tegas, dan lebih teratur bahkan dapat dijadikan kenyataan dalam pemerintahan negara.

    Kegiatan yang mencerminkan pelaksanaan kedaulatan rakyat antara lain mencakup hal hak sebagai berikut.

    1. Berpartisipasi aktif dalam ikut menentukan APBN melalui lembaga DPR

    2. Mewujudkan perekonomian rakyat berdasarkan asas kekeluargaan dalam bentuk koperasi, swasta, dan BUMN dan mampu bekerja sama di antara pelaku ekonomi.

    3. Memanfaatkan sumber kekayaan alam untuk kesejahteraan rakyat indonesia.

    4. Ikut aktif ambil bagian dalam kesempatan pelaksanaan pembangunan nasional melalui wadah wadah organisasi kepemudaan/profesi.

    5. Setiap warga negara wajib menyukseskan pelaksanaan pemilu atas dasar luber dan jurdil untuk memilih wakil rakyat.

    6. Memanfaatkan media massa, sarana komunikasi, dan sarana penerangan lain agar mampu menggugah peran serta rakyat serta dapat berfungsi positif terhadap upaya mengoptimalkan kesadaran politik serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pemerintahan rakyat.

    Di luras itu, rakyat juga dapat terlibat dalam berbagai proses pengelolahan negara. Rakyat misalnya, dapat memberikan masukan kepada lembaga legislatif untuk menampung dan menyuarakan kehendak serta kepentingan bersama. Selain itu, rakyat juga berhak untuk membentuk lembaga lembaga swadaya yang mandiri untuk mengawasi lembaga lembaga seperti : kehakiman, kepolisian, dan lembaga-lembaga lainya.

    Sekian artikel dari saya dengan judul Sikap Positif terhadap kedaulatan Rakyat - PPKN semoga bermanfaat. Baca artikel tentang PPKN lainya di sini.

  • 9 komentar:

    1. Ngomongin masalah ini gk bakal ada habisnya sob, tapi lumyanlah buat pengetahuan :)

      BalasHapus
    2. memanfaatkan kekayaan alam untuk kesejahteraan rakyat Indonesia belum bisa dipraktekkan secara maksimal mungkin ya sekarang ini...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas betul sekali .... :)

        Hapus
      2. Saya ikut setuju dengan penjelasan mas Jery

        Hapus
    3. makasih mas informarsinya, jadi nambah pengetahuuan nih

      BalasHapus
    4. Jika rakyat bisa melakukan hal diatas, pastinya negara bakal Joss Gandos

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014