• Persebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya

    Febrian.web.id - Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman jenis Tanah. Tanah adalah kumpulan benda alam di permukaan bumi yang tersusun dalam horizon horizon dan terdiri atas campuran bahan mineral, bahan organik, air, serta udara yang berfungsi sebagai media tumbuhnya tanaman. Tanah berasal dari hasil pelapukan batuan induk (organik) dan bahan bahan organik dari tumbuh tumbuhan dan hewan yang telah membusuk.
     
     

    Dan berikut adalah jenis jenis tanah di indonesia dan persebaranya beserta pengertian dari nama tanah tersebut.
     

    Jenis jenis tanah

     

    a. Tanah humus

    Apa yang dimaksud Tanah humus ? Tanah humus adalah tanah hasil pelapukan tumbuhan (bahan organik), berwarna hitam sangat subur dan cocok untuk pertanian. Tanah humus banyak terdapat di kalimantan, sumatra, sulawesi, dan papua.
     

    b. Tanah vulkanis

    Apa yang dimaksud Tanah vulkanis? Tanah vulkanis adalah tanah hasil pelapukan bahan padat dan bahan cair yang dikeluarkan gunung berapi, sangat subur dan cocok untuk pertanian. Tanah jenis ini terdapat di Jawa, sumatra, bali, lombok, halmahera dan sulawesi.
     

    c. Tanah podzol

    Apa yang dimaksud Tanah Podzol ? Tanah podzol adalah tanah yang terbentuk karena temperatur dan curah hujan yang tinggi, sifatnya mudah basah dan subut jika terkena air. Tanah jenis ini yang berwarna kuning abu abu cocok untuk perkebunan. Tanah padzol banyak terdapat di penggunungan tinggi.

    d. Tanah laterit

    Tanah laterit terbentuk karena temperatur dan curah hujan yang tiggi. Tanah ini kurang subur, banyak terdapat di jawa timur,jawa barat dan kalimantan barat
     

    e. Tanah pasir

    Apa yang dimaksud Tanah pasir ? Tanah pasir merupakan tanah hasil pelapukan batuan beku dan sedimen, tidak berstruktur. Tanah ini kurang baik untuk pertanian karena sedikit mengandung bahan organik. Tanah ini banyak terdapat di pantai sumatra barat, jawa timur dan sulawesi

    f. Tanah gambut

    Apa yang dimaksud Tanah gambut ? Tanah gambut adalah tanah yang berasal dari bahan organik yang selalu tergenang air (rawa), kekurangan unsur hara, sirkulasi udara tidak lancar, proses penghancuran tidak sempurna dan kurang baik untuk pertanian. Tanah ini banyak terdapat di kalimantan, sumatra dan papua.

    g. Tanah mergel

    Apa yang dimaksud Tanah mergel ? Tanah mergel merupakan tanah campuran dari batuan kapur, pasir dan tanah liat akibat hujan yang tidak merata. Tanah ini banyak terdapat di lereng pegunungan daratan rendah, seperti solo, madiun, kediri, dan nusa tenggara.

    h. Tanah kapur (Renzina)

    Apa yang dimaksud Tanah kapur ? Tanah kapur atau Renzina adalah tanah yang terbentuk dari bahan induk kapur yang mengalami laterisasi lemah. Tanah ini banyak terdapat di Jawa timur, Jawa tengah, Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku dan Sumatra.

    i. Tanah endapan atau tanah aluvial

    Apa yang dimaksud Tanah Endapan ? Tanah endapan atau tanah aluvial adalah tanah yang terbentuk karena pengendapan batuan induk dan telah mengalami pelarutan air. Tanah aluvial merupakan tanah subur, banyak terdapat di jawa bagian utara, sumatra bagian timur serta kalimantan bagian barat dan selatan.

    j. Tanah terarosa

    Apa yang dimaksud Tanah terarosa ? Tanah terarosa adalah tanah hasil pelapukan batuan kapur, banyak terdapat di daerah dolina dan merupakan daerah pertanian yang subur. Tanah ini banyak terdapat di jawa tengah, jawa timur, nusa tenggara, Maluku dan Sumatra.
     

    Kesuburan tanah di indonesia

    Ciri ciri tanah yang subur adalah sebagai berikut:
    a. Struktur tanahnya bagus, butirannya renggang, ukuran sedang.
    b. Mengandung banyak macam garam mineral.
    c. Mengandung persediaan air yang cukup.

    Ciri ciri tanah yang kurang subur sebagai berikut:
    a. Struktur tanahnya kurang baik
    b. Kandungan garam mineral rendanh.
    c. kandungan air sedikit.

    Permasalahan dan pelestarian sumber daya tanah

    Usaha pelestarian sumber daya tanah dapat dilakukan dengan cara berikut :
    - Membuat terasering atau sengkedan di lahan miring dan perbukitan.
    - Membuat hujan cadanga di lereng lereng gunung
    - Mengupayakan penumpukan dengan pupuk hijau, pupuk kandangdan kompos.
    - Mengadakan reboisasi
    - Mengadakan penghijauan di lahan miring dengan jenis tanaman tahunan.

    Sekina artikel saya tentang Persebaran jenis Tanah dan Pemanfaatannya beserta ciri ciri kesuburan tanah dan permasalahnnya.  Artikel ini di ambil dari lks kelas 8 semester1. semoga artikel tentang IPS ini bermanfaat bagi semuanya.
  • 4 komentar:

    1. jadi teringat pelajaran geografi sewaktu smp dulu. thanks mas informasinya :)

      BalasHapus
    2. Indonesia memang negara yang sangat kaya, tetapi saya kita belum bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014