• Pengertian Demokrasi Pancasila - PKN

    Hari ini saya akan memberikan pengertian mengenai demokrasi pancasila dan beserta rumusan nya, berikut.



    Demokrasi Pancasila adalah Sistem demokrasi yang ditetapkan berdasarkan pada nilai nilai Pancasila, yang berintikan pada kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.

    Beberapa rumusan tentang demokrasi pancasila adalah sebagai berikut:
    a. Demokrasi dalam bidang politik, pada hakikatnya adalah menegakkan kembali asas asas negara hukum dan kepastian hukum.

    b. Demokrasi dalam bidang ekonomi, pada hakikatnya adalah  kehidupan yang layak bagi semua warga negara.

    c. Demokrasi dalam bidang hukum, pada hakikatnya adalah pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia.

    Inti dari Pancasila adalah memandang kedaulatan rakyat sebagai inti dari sistem demokrasi. Rakyat mempunyai hak yang sama untuk menentukan dirinya sendiri, partisipasi politikrakyat diakui dan diberi tempat, tetapi dalam kenyataan, praktik kenegaraan dan pemerintah tidak memberikan ruang bagi kehidupan demokrasi.

    Bangsa indonesia telah menetapkan bahwa pemerintah negara kita adalah pemerintahan demokrasi yaitu pemerintahan yang mengabdi pada kepentingan rakyat dan bertanggung jawab kepada rakyat. Rakyat sendiri yang menentukan jalannya pemerintahan. Untuk itu bangsa Indonesia memilih wakil wakilnya untuk duduk dalam pemerintahan sebagai lembaga perwakilan rakyat. Sebagai perwujudan untuk memilih wakil wakil rakyat tersebut, maka dilaksanakan pemilihan umum setiap lima tahun sekali.

    Pemilu mempunyai makna yaitu merupakan sarana untuk mewujudkan penyusunan tata kehidupan bernegara yang dijiwai pancasila dan UUD 1945. Pemilu juga merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam negara kesatuan Republik indonesia.

    Demokrasi Pancasila adalah salah satu demokrasi yang pernah berlaku dan masih berlaku hingga saat ini di indonesia. Demokrasi pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan filsafat hidup bangsaberupa nilai nilai yan terkandung dalam pancasila. Segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dan juga UUD 1945 didasarkan pada Pancasila. Oleh karena itu penerapan demokrasi pancasila harus dijiwai oleh sila sila yang terdapat dalam Pancasila.

    Dasar Hukum Pelaksanaan demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut :

    a. Sila ke-4 Pancasila yakni "kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan" 

    b. Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4, ".. disusunlah kemerdekaan kebangsaan indonesia itu dalam suatu Undang undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara republik indonesia yang berkedaulatan rakyat.. "

    c. Pasal 1 ayat (2) UUD 1945, "kedaulatan rakyat adalah ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang undang dasar"

    d. Pasal 2 ayat (1) UUD 1945, " Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas anggot Dewan perwakilan Rakyat dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum dan diatur lebih lanjut dengan undang undang.

    Pelaksanaan demokrasi di setia negara dipengaruhi oleh kebudayaan, pandangan hidup, dan tujuan yang hendak dicapai oleh setiap negara. Indonesia menerapkan sistem demokrasi Pancasila yang berintikan musyawarah untuk mencapai mufakat, dengan berpangkal pada paham kekeluargaan dan kegotongroyongan.

    Nilai demokrasi Pancasila merupakan nilai demokrasi yang berpusat pada sepuluh pilar demokrasi konstitusional sesuai dengan UUD 1945 dan pancasila dengan prinsip prinsip sebagai berikut.

    1. Demokrasi yang berkebutuhan YME, Maksudnya dalam berdemokrasi sesuai atau tidak bertentangan dengan norma norma agama.

    2. Demokrasi yang menjunjung tinggi hak hak asasi manusia.

    3. Demokrasi yang mengutamakan kedaulatan rakyat dalam arti kepentingan rakyat yang diutamakan, wakil wakil rakyat selalu memperjuangkan peningkatan kualitas kehidupan rakyat.

    4. Demokrasi yang didukung oleh kecerdasan warga negara.

    5. Demokrasi yang menerapkan prinsip pembagian kekuasaan.

    6. Demokrasi yang menjamin berkembangnya otonomi daerah, maksudnya setiap daerah memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang sesuai keinginan dan kemampuan masing masing.

    7. Demokrasi yang menerapkan konsep negara hukum.

    8. Demokrasi yang menjamin terselenggaranya peradilan atas bebas, merdeka , dan tidak memihak.

    9. Demokrasi yang menumbuhkan kesejahteraan rakyat.

    10. Demokrasi yang berkeadilan sosial, maksudnya tujuan akhir ketatanegaraan ialah tercapainya keadilan sosial bagi sluruh rakyat indonesia.


    Terimakasih semoga artikel saya denan judul Pengertian Demokrasi Pancasila - PKN bermanfaat bagi anda.
  • 8 komentar:

    1. masih tentang demokrasi ya sob, bagus nih apalagi bentar lagi pemilu kan :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya .. bener banget :) tapi saya ngga ikutan :)

        Hapus
    2. Nice artikel gan, cocok buat pelajar atau mahasiswa nih yang sedang belajar demokrasi pancasila :)

      BalasHapus
    3. Ternyata demokrasi ini ada 3 macam ya... nice info sob :)

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014