• Pengertian dan Unsur unsur lingkungan hidup

    Febrian.web.id- hari ini saya akan memposting sebuah artikel tentang lingkungan hidup. Yang saya akan berikan di artikel ini adalah Pengertian lingkungan hidup dan Unsur unsur lingkungan hidup seperti unsur fisik, unsur biotik dan unsur sosial budaya.


     

    Pengerian Lingkungan Hidup

    Lingkungan hidup meliputi dataran, bukit, pegunungan, laut, langit yang disinari oleh matahari. Lingkungan merupakan bagian dari lingkungan hidup. Apa pengertian dari Lingkungan hidup ? Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainya. Lingkungan hidup mencakup segi lingkungan fisik, lingkungan biologis, dan lingkungan sosial budaya.

    Ruang dalam pengertian lingkungan hidup tersebut di atas merupakan tempat berkumpulnya komponen lingkungan hidup. Dengan demikian dimana ada komponen komponen lingkungan hidup maka disitu ada ruang. Pada ruang ini berlangsung ekosistem, yaitu suatu susunan organisme hidup dimana antara lingkungan abiotik dan organisme tersebut terjalin interaksi yang harmonis dan stabil, saling memberi dan menerima kehidupan.

    Bentuk ekosistem yang terbesar ialah bumi (biosfer). Lingkungan biosfer bisa dibagi menjadi ekosistem yang lebih kecil, seperti ekosistem laut, danau, sungai, pulau, hutan, padang rumput, kota, sawah dan lain lain. Semua komponen ekosistem baik biotik maupun abiotik saling berinteraksi dengan hasil bisa positif dan bisa negatif.

    Unsur Unsur Lingkungan Hidup

    1. Unsur fisik/abiotik
    Apa yang dimaksud Unsur fisik? Unsur fisik atau abiotik adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita, yang berwujud benda mati dan merupakan bentukan dari alam, contoh : air, tanah, udara, gunung, laut, sinar matahari.

    2. Unsur biotik/hayati
    Apa yang dimaksud Unsur biotik? Unsur biotik adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang merupakan makhluk hidup (organisme), contoh : manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik.

    3. Unsur sosial budaya
    Apa yang dimaksud Unsur sosial budaya? Unsur soosial budaya adalah segala sesuatu yang disekitar kita yang merupakan buatan manusia atau segala sesuatu yang berasal dari hasil pikiran dan akal budi ciptaan manusia, Contoh : gedung, jalan, jembatan, kendaraan, ilmu pengetahuan, teknologi  dan lain lain.

    Arti Penting manfaat Lingkungan Bagi Kehidupan

    Pentingnya lingkungan bagi kehidupan antara lain:
    1. Lingkungan sebagai wahana atau tempat bagi kelanjutan kehidupan.
    2. Lingkungan sebagai tempat tinggal (habitat)
    3. Lingkungan sebagai tempat mencari makan.
    4. Lingkungan sebagai aktivitas sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lain lain.

    Trimakasih sekian artikel dari saya tentang lingkungan hidup , Pengertian dan unsur unsur nya. Semoga bermanfaat. baca artikel menarik lainya tentang Ilmu pengetahuan disini.
  • 4 komentar:

    1. Ternyata banyak juga ya unsur-unsur lingkungan hidup, baik fisik, biotik, dan sosial budaya

      BalasHapus
    2. Terimakasih atas ilmu nya ....

      BalasHapus
    3. Makasihh bnykkk berguna nih kekw

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014