• Proses Penciptaan Lagu

    Hari ini saya akan memberikan artikel dengan judul Proses Penciptaan Lagu Artikel ini ada kaitannya dengan pelajaran Seni budaya Smp , selain itu artikel ini adalah lanjutan artikel kemarin yaitu yang berjudul 14 Jenis jenis Musik Tradisional Nusantara . dan berikut adalah artikel nya 



    Proses Penciptaan Lagu

    1.Menemukan Ide
         Ide atau gagasan meruoakan langkah awal dalam proses penciptaan. Melalui ide tersebut proses penciptaan berjalan. Perjalanan proses berkarya seni ini memiliki kekhasan masing masing pada tiap seniman. Hal ini tergantung pada latar belakang seniman,lingkungan,pengetahuan,serta pengalamanya.

    Untuk menemukan ide dalam berkarya musik, perlu adanya perenugnan ,pengamatan,dan penghayatan terhadap lingkungan sekitar. Beberapa koponis ada yangmengatakan bahwa tanpa melakukan kegiatan tersebut,mereka tidak memilikiide dalam menciptakan lagu, yang ada hanya ilham. Ilham merupakan inspirasi yang datangnya secara tiba tiba ketika mengalami suatu peristiwa. Sebenarnya ide dan ilham seseorang adalah sama,perbedaannya pada proses perolehanya. Ide didapat secara sengaja,sedangkan ilham didapat secara tidak sengaja.

    ide dan ilham yang diperoleh seseorang dikembangkan menjadi sebuah karya musik melalui pengelahan batin berdasarkan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Tingkat kesulitan dan keserdahanaan dalam membangun ide bukanlah suatu persoalan untuk membentuk karya musik yang berkualitas. Karya musik yang sederhana bisa membuahkan karya yang optimal dari segi kualitas. Kenyataan ini dapat kita  temukan pada lagu atau musik untuk anak anak yang terdengar sederhana namun melahirkan suatu karya musik yang menarik.

    2. Membentuk Syair
       Dalam Bentuk dasar musik vokal terdapat pertalian antara kata dan nada. Syair dalam sebuah lagu,seperti kalian ketahui sebelumnya, meruapakan simbol bahasa yang digunakan komponis dalam mengekspresikan perasaan untuk memudahkan pendengar dalam mencerna suatu karya musik.

    Deklamasi musik yang sempurna dan wajar sangat penting bagi komponis.Cara komponis dalam membentuk keindahan watak irama dan birama syair yang dihadapinya supaya tidak terjadi konflik antara birama dan aksentuasi kalimat kalimatnya, merupakan suatu permasalahan yang rumit. Aksen suku kata harus cocok dengan aksen musik(berat atau ringan). Hal ini terlihat dari naik turunya dalam lagu. Aksen dalam arti deklamasi adalah naiknya suara. Melodinya naik ke atas jika tekanan kalimat memang jatuh pada suku kata beraksen.

    3. Melodi Syair
        Ide yang kita dapat setelah dituangkan dalam bentuk syair hendaknya dibaca dengan berulang ulang, agar dapat kita ketahui aksen dari tiap tiap suku kata dalam kalimat. Aksen inilah yang nantinya harus disesuaikan dengan aksen musik.

    4. Membentuk Lagu
       Membentuk lagu pada dasarnya berhubungan dengan melodi, bukan dengan teks. Namum  demikian,teks lagu yang baik tentu perlu selaras dengan melodi yang diikutinya. Bentuk lagu didasarkan dari letak pengulangan dan pengolahan atas motif lagu.

    bentuk lagu yang kita sesuaikan dengan ragam musik nusantara perlu kalian pahami dulu. Setelah memahaminya,kalian perlu menentukan salah satu bentuk lagu sebagai karya musik pilihan. Selanjutnya lakukanlah kegiatan berikut ini.

    5. Mengubah Syair
      Syair yang telah kalian buat hendaklah disesuaikan dengan ciri khas bentuk yang telah kita pilih.Misalnya bentuk lagu yang dipilih adalah keroncong,maka syair lagu yang ada harus disesuaikan dengan ciri khas bentuk yang telah dipilih,yaitu tujuh kalimat. Perhatikan Contoh berikut

    Syair Awal
    Tiap hari dikau banting tulang
    Tunaikan dharma bhakti
    S'bagai buruh tani
    Hujan Angin tak kau hiraukan
    Panasnya surya tak kau rasakan
    asal mendapatkan uang
    untuk sekedar makan
    Memang berat mencari nafkah untuk anak istri
    Sabarlah dan berserah diri
    pada Tuhan Sang pembagi Rizki

    Syair Perubahan
    Tiap hari dikau banting tulang
    dharma bhakti s'bagai buruh tani
    Hujan angin....panas surya
    tiada kau hirau dan rasakan
    asalkan dapat uang cukup untuk makan
    memang berat cari nafkah anak istri
    Sabar.... berserah diri pada Tuhan pembagi rejeki

    Penyesuaian Harmoni
    Melodi lagu memang sangat bervariasi bentuknya. Akan tetapi,melodi lagu tersebut hendaklah kita sesuaikan dengan bentuk harmoni (perjalanan akor) dari ciri khas lagu. Pada langkah awal,nada nada melodi yang kita sesuaikan hanya pada ketukan beraksen (tesis) 

    terimakasih sekian artikel dari saya semoga bermanfaat. Artikel ini termasuk artikel pelajaran seni budaya.
  • 5 komentar:

    1. pertamax.... saya gak bakat jadi musisi gan...hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Selamat Anda Yang pertamax :D

        NunGames

        Hapus
      2. Thanks ... :) Atas pertamax nya :)

        Hapus
    2. wuih...kalau dari dulu saat masih suka ciptain lagu untuk band lokal tingkat kecamatan...pasti hasil ciptaan saya bakal di beli Ahmad Dhani deh...;o)

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014