• Menyiapkan Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah

    Hari ini saya akan memberikan sebuah artikel tentang senibudaya dengan tema teater, ini adalah bab terakhir tentang Seni Budaya yang akan saya berikan dan artikel selanjutnya adalah tentang PKN. berikut adalah artikel tentang Cara Menyiapkan Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah .



    Dalam menyiapkan suatu pertunjukan teater, diperlukan beberapa hal seperti persiapan mengenai penyajian teater dan orang orang yang mengoordinir jalannya pertunjukan tersebut atau kepanitiaan penyelenggara.


    1. Penyajian Teater Nusantara

    Untuk mengawali pertunjukan teater nusantara yang diadakan di sekolah, para siswa dapat mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. Contohnya, teater siswa kelas VII, teater siswa kelas VIII, dan teater siswa kelas IX. Dengan demikian,setiap siswa dapat mencoba untuk memainkan adegan dalam sebuah laokn. Hal hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pertunjukan pertunjukan teater adalah sebagai berikut.

    A. Memilih jenis teater nusantara, seperti makyong ,randai ,ketoprak, lenong, dan wayang.
    B. Memilih dan menyusun cerita/lakon, seperti cerita tradisional ( daerah ), Cerita mancanegara, serta cerita mengenai kehidupan masyarakat saat ini.
    C. Memilih sutradara, pemain, penata pentas, suara, kostum, rias, dan musik musik.
    D. Mengadakan latihan latihan.


    2. Panitia Penyelenggara

    Panitia ini sangat diperlukan agar jalannya pertunjukan dapat berjalan dengan baik. Semua event memerlukan kepanitiaan karena merekalah yang mengoordinir semua yang berhubungan dengan pementasan. Dalam hal ini pertunjukan teater di sekolah, perlu dibentuk panitia yang terdiri atas berikut:

    A. Ketua dan wakil ketua
    Ketua dan wakil ketua bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan pertunjukan. Ketua harus memiliki kecakapan, mampu mengoordinir dalam organisasi, dan dapat bekerjasama dengan yang lain.

    B. Sekretaris
    Sekretaris bertugas dalam hal surat menyurat dan mengagendakan rapat kepanitiaan.

    C. Bendahara
    Bendahara bertanggung jawab penuh terhadap keuangan, baik uang masuk ataupun uang keluar.

    D. Seksi seksi
    Seksi seksi bertugas secara langsung pada bidang bidangnya dan bertanggung jawab kepada ketua dan wakil ketua. Seksi seksi ini dapat dibagi menjadi beberapa bidang sesuai dengan kebutuhanya, seperti seksi acara, seksi dana, seksi konsumsi, seksi dokumentasi, seksi transportasi, seksi publikasi, seksi keamanan, seksi perlengkapan, dan seksi pembantu umum.

    Terimakasih sekian artikel dari saya tentang teater dengan judul Menyiapkan Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah , semoga artikel yang saya berikan bermanfaat .


  • 1 komentar:

    1. lengkap bgt mas :)
      btw tambahin artikel ttg B.Indonesia juga dong :D

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014