• Menyajikan Karya Seni Musik Tradisional Nusantara

    Menyajikan Karya Seni Musik Tradisional Nusantara . Artikel ini ada samanya atau ada penting nya dengan artikel kemarin , artikel kema rin judulnya 14 Jenis jenis Musik Tradisional Nusantara
    Dan yang hari ini adalah cara menyajikan nya (cara menyajikan seni musik). Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menyajikan karya musik diantara lain sebagai berikut :




    1. Jadikan Musik yang disajikan sebagai sarana atau alat berkomnukiasi dengan penonton atau pendengar. Jangan Asyik sendiri memainkan musik tanpa memperhatikan keberadaan penonton di hadapanmu.

    2. Musik yang dimainkan seharusnya sudah dikuasai secara keseluruhan,baik secara teknis maupun secara emosional. Teks partitur yang ada di hadapanmu digunakan sebagai pengingat jika terjadi kesalahan atau lupa.

    3. Jangan sekali-kali berpikir untuk segera menyelesaikan penampilan sehingga memainkan musik menjadi terburu-buru. Bermainlah sebagaimana seharusnya dan jangan berpikir untuk segera menyelesaikan pementasan.

    4. Tulis ulanglah partitur bekas latihan agar tampak baru dan tidak lusuh akibat sering digunakan pada saat latihan . Teks yang baru dan baik akan membuat kita nyaman memandanginya (memandangnya)

    5. Buatlah Latihan masuk dan keluar pentas dengan rapi dan santai. Kemudian buat pula bloking (penataan posisi duduk) pentas agar tampak penampilan musik menjadi lebih bagus dan indah untuk dilihat. Jangan dibiasakan duduk atau berdiri berjejer ke samping sehingga membuat perhatian penonton terbagi.Jangan pula duduk atau berdiri saling berhadapan sehingga tanpa sadar membelakangi penonton.

    6. Mainkanlah musik dengan tenang dan tidak gugup,tidak terburu-buru.Pusatkan perhatian pada birama musik sehingga permainan menjadi menyatu.Jangan terpengaruh oleh suara suara yang muncul disekitar sehingga konsentrasi menjadi rusak.

    7. Tampilkan wajah yang selalu tenang dan tidak tegang.

    8. Upayakan partitur disimpan dihadapan kalian,tapi jangan menyimpan partitur di pangkuan karena akan mengganggu penampilan.Jika di sekolah memiliki stand partitur,gunakanlah secara bergantian.Jika tidak ada,gunakan saja kursi tanpa sandaran dan simpan di hadapan kalian. Akan lebih baik lagi jika kalian telah menghafal komposisi tersebut dengan baik.

    trimakasih sekain artikel dari saya tentang Menyajikan Karya Seni Musik Tradisional Nusantara Artikel tentang seni budaya. Semoga artikelnya bermanfaat bagi anda
  • 11 komentar:

    1. pertamax....artikel yang bermanfaat.

      BalasHapus
    2. musik tradisional emang enaak di denger gan

      NunGames com

      BalasHapus
    3. Mas Febrian musisi ya...
      Kalo boleh tau lg nekunin musik apa ya Mas ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bukan mas .. ini hanya artikel yang saya ambil dari buku LKS saya :D hehehehe ... tentang seni budaya

        Hapus
    4. Hihi.. keren gan :D kunjungan dari mashafiz :D

      BalasHapus
    5. Nice bos :D izin nyimak aja :D hehe :) :)

      BalasHapus
    6. ijin nyimak sob ,mantap nih #loveindonesia :D

      BalasHapus
    7. karya seni musik indonesia bagus bagus ya mas

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya memang .... indonesia kaya :) .. trimakasih atas kunjungannya :)

        Hapus
    8. terimakasih banyak mas :D

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014