• Memperagakan Tari berpasangan dan kelompok Tari Nusantara

    febrian.web.id - Mempergerakan Tari Berpasangan dan kelompok Tari nusantara. Mengekspresikan tari berpasangan dan kelompok berbeda dengan tari tunggal. Pada tari berpasangan atau kelompok,kita harus bisa menyesuaikan kekuatan ekspresi dengan penari yang lain. Kita tidak boleh menonjolkan diri sehingga mengabaikan esensi ekspresi bersama. 



    Ada empat hal yang harus dikendalikan oleh seorang penari apabila menarikan jenis tarian kelompok yang karakter tarianya sama. Karakter tersebut adalah sebagai berikut :

    1. Untuk menyamakan interpretasi gerak,usahakan agar teknik gerak,intensitas gerak,dan ritme gerak dikompromikan sehingga kekompakan gerak akan terjaga.

    2. Untuk menyamakan interpretasi irama (keterpaduan antara irama gerak dengan irama musik) harus disesuaikan,sehingga tidak ada gerakan yang saling mendahului.

    3. Samakan interpretasi penjiwaan,dengan demikian kekuatan ekspresi relatif sama.

    4. Samakan pengelolaan jarak antar penari sehingga penampilan penari di atas panggung tetap serasi dan tetap dalam satu kesatuan.

    Pada penyajian tari kelompok,kita bisa menambah keindahan sajian kita dengan penataan desain kelompok. Desain kelompok adalah penataan desain gerak di atas pentas yang dibangun dari perpaduan gerak,arah hadap,dan level penari kelompok. Ada lima macam desain kelompok di dalam tari, yaitu serempak,selang seling , berimbang (balance), kejar mengejar (cannon),dan terpecah (broken).

    Terimakasih sekain artikel seni budaya tentang Memperagakan Tari berpasangan dan kelompok Tari Nusantara . Bila anda ingin software gratis silahkan untuk mengunjungi nya di Bagas31.com tempatnya download software Gratis
  • 10 komentar:

    1. ga ada videonya mas? kalau ada videonya asik juga hehehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Videonya Siapa yang nari mas .. :D hehehe

        Hapus
      2. yang nari mas febri hehehe canda

        Hapus
      3. Saya Ngga jago nari mas :D

        Hapus
    2. lestarikan budaya indonesia

      BalasHapus
    3. Belum pernah sih kalo memperagakan.. kalo nonton pernah :D hehe

      BalasHapus
    4. Sya paling gak bisa nari, apalagi kalo berpasangan. suka kikuk he.. :)

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014