• Karakteristik Musik Keroncong

    Artikel tentang musik keroncong ini adalah lanjutan artikel yang kemarin yaitu tentang Asal usul Tentang Musik Keroncong . Dan hari ini adalah tentang Karakteristik Musik Keroncong , berikut artikel nya yang saya ambil dari lks. Musik keroncong adalah musik has atau musik tradisi indoneis , yang merupakan warisan berharga dari seniman seniman dulu. Jenis musik ini menempati kedudukan tersendiri dalam percaturan musik di tanah air, di samping jenis jenis musik hiburan,musik klasik atau seriosa,dan musik Jazz.



    Sebagia musik tradisi, keroncong memiliki sejumlah ciri atau karakteristik yang mudah dikenali, baik dari segi peralatan yang digunakan maupun unsur unsur musiklainya.

    A. Alat alat yang digunakan dalam sebuah orkes keroncong terdiri  atas gitar pengiring , melod gitar,ukulele,cello,bas,seruling,dan kadang kadang ditambah juda dengan biola. Alat alat musik ini jika di perhatikan dengan seksama ( pada saat dimakinkan) akan mencerminkan penyajian orkestrrasi gamelan dimana suara bonang dimainkan oleh gitar melodi, ditambah kemprengan ukulele dan gitar pengiring yang mewakili alat musik saron. Selanjutnya , suara ketukan gendang dan kulanter dimakinkan secara dinamis oleh alat musik cello,dan ditutup oleh alat musik bas sebagai gong. Seruling dan biola digunakan sebagai pengganti suling dan rebab yang berfungsi sebagai penghias lagu secara keseluruhan.

    B. Lagu lagu keroncong menggunakan bentuk pola lagu yang rata rata sama, yakni berpola A-A-B-A. Secara musikal , musik keroncong memiliki irama yang mengalir dengan penonjolan beat yang khas oleh bunyi bunyi peralatan ukulele dan cello. Pada bentuk keroncong asli tidak dikenal alat musik perkusi seperti drum set,bongo,congo ,tam-tam,dan sejenisnya. Beat yang biasa ditimbulkan leh alat alat perkusi diganti dengan permainan cello yang dinamis.

    C. Bentuk bentuk lagu pada mysuk keroncong asli memiliki pola dan ketentuan khusus yang tidak boleh dilanggar. Misalnya adanya bentuk bentuk stambul 1 dan stambul 2
  • 4 komentar:

    1. oh jadi gitu toh,makasih yah informasi keroncong ya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ok sama sama ... trimakasih juga atas kunjungan nya :)

        Hapus
    2. saya suka dengerin musik keroncong, terutama saat belajar ukulele dulu, tapi baru tau kalau keroncong ini ternyata ada karakteristiknya ya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya .. karakteristic musik keroncong adalah seperti artikel di atas tersebut :) ... trimakasih atas kunjungan nya :)

        Hapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014