• Jenis Jenis Teater Nusantara - Seni Budaya

    febrian.web.id - Jenis Jenis Teather Nusantara , Posting hari ini adalah tentang Teater yaitu jenis jenis nya yang ada di indonesia. Artikel ini adalah artikel yang ditulis secara ringkas dan padat . Materi yang akan di sampaikan : 



    1. Teater Nusantara Berdasarkan Wilayah atau Daerahnya.
    2. Jenis Teater Nusantara Berdasarkan Perkembangan nya.
    3. Jenis Teater Nusantara Berdasarkan Cara penyajian nya.

    Berikut materi nya :

    1. Teater Nusantara Berdasarkan Wilayah atau Daerahnya.

    >Teater Nusantara berdasarkan wilayah atau daerah dibedakan menjadi berikut ini :

    A. Teater Sumatra
    Teater dari daerah Sumatra Meliputi Teater Bangsawan , Makyong, Randai, dan bakaba.

    1) Bangsawan 
    Teater Bangsawan Merupakan teater tradisional dari pulau Sumatra dengan latar belakang budaya Melayu. Teater ini banyak menyerap teknik teater Bara.  Hal ini dapat dilihat pada pertunjukan nya yang selalu menggunakan panggung meskipun di saat pementasan dilakukan di ruang terbuka.  

    Teater Bangsawan untuk pertama kalinya diperkenalkan di Malaya pada tahun 1870 oleh perkumpulan teater India yang dinamakan wayang persi. Kemudian menyebar dan masuk ke indonesia dan disebut bangsawan karena lakon semula mengenai sebuahkeluara ningrat. Ciri khas Bangsawan adalah cara pementasannya. Penyajiannya dalam bentuk dialog menggunakan pantun empat bait, syairnya dinyanyikan oleh pemain.

    2) Makyong 
    Makyong merupakan teater yang berasal dari Riau. Lakon Makyong menggambarkan perjuangan seorang putra mahkota dalam mencapai cita-citanya serta bertahan dari kerasnya kehidupan. Di dalam penyajiannya , Makyong menggunakan tari dan lagu untuk menyampaikan maksud tertentu. Pementasanya biasanya dalam bentuk komedi atau melodrama. Makyong bisa dipentaskan pada siang atau malam hari di ruang ruang terbuka.

    iringan musiknya terdiri atas gendang,seruai,rebab,gong,dan mong mong (gong kecil). Semua pemain menggunakan topeng dan hampir semuanya perempuan kecuali peran pelawak ( tokoh Awang dan temanya)

    3) Randai
    Randai merupakan teater dari sumatra barat dan mendapat pengaruh dari basijobang,tonilBelanda,dan Komidi bangsawan. Terbentuknya teater Randai dimulai dari sebuah kelompok Komidi bangsawan yang pada tahun 1932 memutuskan untuk menyempurnakan basijobang dengan unsur tonil belanda serta seni pencak silat setempat.

    4) Bakaba
    Bakaba merupakan teater yang berasal dari sumatra barat. Teater ini dituturkan oleh tukang kaba dalam bentuk prosa liris yang didendangkan (dilagukan)  dengan diiringi alunan musik rebah atau kecapi,saluang (suling) , dan adog9rebana). Untuk menggelar kaba sekurang kurangnya harus ada dua tukang kaba ,seorang penyanyi yang berserita,dan seorang lagi sebagai pengiring musik. Kaba biasanya dipentaskan sebagai bagian dari upacara perkawinan,menempati rumah baru,panen , dan sebagainya.Waktu pementasan terjadi interaksi dengan penonton.


    B Teater Jawa Barat
    Teater Jawa Barat, Meliputi teater Ubrug dan Longer.

    1) Ubrug
    Teater Ubrug berasal dari Banten. Dalam penyaiannya,teater ini menggunakan iringan gamelan slendro dan gong gubyung. Lakon yang dimainkan bersumber dari kehidupan sehari hari . Lakon yang sering dimainkan,antara lain Di Jampang, Si Pitung, Sakam,Dalam Bonceng, dan Jejaka Pancak.

    2) Longer
    >Teater Longer Berasal dari sumedang. Teater inimuncul pada tahun 1939. Di dalam pementasanynya, teater Longer menampilkan adegan humor (lawakan),Drama (sandiwara),dan tarian rakyat (tari silat).


    C. Teater Jakarta
    teater jakarta ( teater dari jakarta), antara lain teater Lenong dan Topeng betawi

    1) Lenong
    teater Lenong merupakan teater populer dari Jakarta. Dalam Pertunjukan nya terdapat unsur cerita (drama),tari,nyanyi,dan pencak silat. Panggung dalam tatanan modern sudahh diterapkan seperti penggunaan properti kursi dan meja. Lakon atau ceritanya bersumber dri kehidupan masyarakat setempat. Terdapat dua jenis Lenong,yaitu Lenong Dines dan Lenong Preman.

    2) Topeng Betawi
    Dalam pementasanya,Topeng betawi pada umumnya diawali dengan tarian yang dibawakan oleh penari perempuan. Dilanjutkan dengan dialog dialog lucu (lawakan) oleh pelawak dan penari. Kemudian,lakon/ceritanya disajikan. Cerita dalam topeng betawi bersumber dari  kehidupan masyarakat setempat


    D. Teater Jawa Tengah
    Teater dari Jawa tengah meliputi Teater wayang wong,ketoprak,dan langendriyan.

    1) Wayang Wong (wayang orang)
    Di Jawa tengah, Wayang Wong sudah ada sejak abad ke -12. Akan tetapi, wayang wong yang ada sekarang ini merupakan ciptaan dari hamengkubuwono 1 dari yogyakarta atau Mangkunegara 1 dari surakarta. Wayang wong panggung Surakarta yang terkenal dibuat atas perintah Pakubuwono X untuk dipentaskan setiap malam di taman hiburan Sriwedari.

    2) Ketoprak
    Pada mulanya, Ketoprak hanya merupakan permainan klotekan dan berkembang dengan memasukan adegan drama sederhana. Ceritanya diambil dari lingkungan setempat dan disajikan dalam bentuk lawakan (humor) dan dikenal dengan ketoprak Lesung. Sejak tahun 1927 , pementasan ketoprak menggunakan gamelan sebagai musik pengiringnya.

    3) Langendriyan
    Langendriyan mengambil lakon Damarwulan. Langendriyan di dalam pementasanya diirngi oelh gamelan dan dialog dialognya menggunakan tembangjawa. Pada tahun 1970-an dan tahun 1980-an penata tari koreografer Sardono W.Kusumo,Retno Maruti,dan Sal Murgiyanto memadukan antara Bedaya,langendriyan,dan Wayang wong untuk menciptakan bentuk yang disebut Langen Beksa.


    E. Teater Jawa Timur
    Teater dari Jawa timur yang paling populer adalah Ludruk. Ludruk merupakan perubahan dari teater tradisional Lerok Berutan. Lakon dalam ludurk adalah kehidupan masyarakat sehari hari. Ludruk dalam pementasannya dibuka dengan tarian Remo.


    F. Teater Bali
    Teater dari daerah Bali, diantaranya Cak dan Drama Gong.

    1) Cak 
    Cak sudah ada sejak  zaman para-Hindu tetapi mulai menjadi suatu pertunjukan sejak tahun 1935, di Desa Bendulu. Dengan dukungan dari dua seniman asal Eropa, Cak berkembang menjadi pertunjukan hiburan. Lakon Ramayana dimasukan dalam pertunjukan Cak. Sejak tahun 1969, lakon tunggal diperluas menjadi epos utuh.

    2) Drama Gong 
    Drama Gong Adalah teater tradisional Bali yang merupakan drama lisan yang diiringi gamelan gong. Drama Gong menjadi salah satu seni pertunjukan yang memadukan drama Bali tradisional dan drama modern (budaya barat). Drama gong ini memiliki kemiripan dengan ketoprak jawa. Drama Gong,muncul pertama kali pada tahun 1966. Penciptanya adalah Anak Agung Dede Raka Payadnya. Drama Gong menggabungkan unsur pertunjukan dan teknik berbagai bentuk seni pertunjukan tradisional seperti gong kebyar,drama tari arja,sendratari Bali modern dengan unsur drama modern ( Barat ).


    G. Teater Sulawesi
    Teater yang berasal dari sulawesi contohnya Sinrilli. Teater ini berasal dari sulawesi selatan.  Sinrillimerupakan pertunjukan cerita tutur oleh seorang pasinrilli dengan diiringi musik keso-keso (rebab). Penceritanya berupa nada lagu (kelong) yang diiringi lengkingan Keso-Keso sehingga membangunkan berbagai suasana haru,indah,dan humor. Sinrilli bermula dari dalam istana raja-raja Gowa. Setelah kejatuhan kerajaan Gowa ke tangan VOC, Sinrilli menyebar di kalngan rakyat. Pertunjukan sinrilli dilakukan di sian ataudi malam hari sesudah sembahyang isya. Teater ini digelar di anjungan rumah atau tempat terbuka (halaman) pada waktu waktu tertentu, seperti waktu syukuran,pesta kawin,membangun rumah,dan sebagainya.


    H. Teater Nusa tenggara barat
    Teater dari NTB contohnya Cepung. Teater ini berasal dari lombok. Cepung merupakan teater tutur. Penamaan Cepunf berawal dari iringan suara gamelan dari mulut yang berbunyi ",cek,cek,cek,cek,pung". Cepung adalah seni membaca kitab lontar, khususnya cerita Monyeh,yang diiringi oleh iringan bunyi suling dan redeb serta peniruan suara suara  instrumen gamelan yang lain. pemain pemain cepung ada 6 orang,terdiri atas pembca lontar ,seorang pemain redeb,seorang pemain suling, dan tiga orang sebagai penembang. 

    Mereka duduk berjajar setengah lingkaran. Musik,tari,mimik,dan lawak merupakan unsur unsur yang selalu ada. Memakai sesaj
    i berupa ayam,tuak,kembang ,beras,yang kepeng,benang,dan sirih pinang.


    2. Jenis Teater Nusantara Berdasarkan Perkembangannya 

    Jenis teater nusantara berdasarkan perkembangan/sejarahnya, dibedakan menjadi berikut ini.

    A. Teater Tradisional
    Teater tradisional meliputi teater tutur,rakyat,wayang,dan bangsawan.

    1) Teater Tutur
    Teater tutur , yaitu jenis teater yang didasarkan dari sastra lisan yang dituturkan dan belum diperagakan secara lengkap

    2) Teater Rakyat
    Teater rakyat, yairu jenis teater yang berkembang dan hidup di tengan masyarakat pedesaan. cerita cerita yang dipentaskan diambil dari cerita lisan yang bersumber dari cerita cerita rakyat di daerah tersebut.

    3) Teater Wayang
    teater Wayan, yaitu jenis teater dari segala macam jenis wayang,yaitu wayang boneka (wayang kulit,wayang golek) dan wayang orang.

    4) Teater Bangsawan
    teater Bangsawan, Yaitu jenis teater yang telah mendapat pengaruh dari teater Barat. Teater ini Ditunjang oleh kebudayaan melayu serta dipengaruhi pula oelh teater Timur Tengah. Cerita bersumber dari cerita seribu satu malam seperti Aladin dan cerita Barat seperti Hamlet.


    B. Teater Nontradisional
    Teater nontradisional Terdiri atas teater konvensional dan teater kontemporer.

    1) Teater Konvensional
    Teater Konvensional , yaitu jenis teater yang berdasarkan pada lakon drama yang disajiikan secara konvensioanl. Teatr ini sering disebut sandiwara.

    2) Teater Kontemporer
    Teater kontemporer, yaitu yang mendobrak konvensi konvensi lama dan ditandai dengan pembaruan melalui gagasan.ide baru, penyajian baru,dan penggabungan konsep Timur dan Barat.


    3. Jenis Teater Nusantara Berdasarkan Cara Penyajiannya

    Berdasarkan cara penyajiannya , Teater nusantara dibagi menjadi empat jenis,yaitu sebagai berikut :

    A. Teater Tutur
    Teater Tutur merupakan teater yang penyajiannya dilakukan dengan cara menceritakan kembali, baik dengan cerita biasa maupun dengan nyanyian yang diiringi dengan alat musik (tetabuhan). Contohnya Bakaba (sumatra barat),srinkilli (sulawesi selatan), dan Kentrung (jawa tengah dan Jawa timur).

    B. Teater Catur
    Teater Catur merupakan teater yang berbentuk teater yang bentuk penyajiannya mengkhususkan pada dialog. Teater ini hanya dapat dinikmati dengan mendengarkan. Contohnya sandiwara radio.

    C. Teater Boneka
    Teater Boneka merupakan teater yang bentuk penyajiannya dimainkan oleh boneka yang terbuat dari kulit atau kayu. Cara memainkannya melalui seorang dalang.  Contoh : wayang kulit dan Wayang golek.

    D. Teater Langsung
    Teater Langsung merupakan teater yang bentuk penyajiannya dilakukan pada suatu tempat (panggung)Para pemainya menggunakan berbagai unsur bahasa untuk mengungkapkan gagasanya , yaitu dialog,akting,menyanyi dan menari.

    E. Teatronik
    Teatronik adalah teater yang bentuk penyajianya menggunakan media elektronik. 

    Sekian Artikel dari saya tentang Jenis Jenis Teater Nusantara  Artikel yang di ambil dari buku dan ditulis secara Ringkas . Silahkan kunjungi artikel Seni budaya menarik lainya di sini : Seni Budaya kelas 8 . Terimakasih Semoga bermanfaat



  • 30 komentar:

    1. wah lengkap nih tapi dari kalmantan barat mana ? :D

      BalasHapus
    2. kalo teater galas ada gak ya

      BalasHapus
    3. mantaaap pak boss

      komen back yee

      BalasHapus
    4. banyak ya teater di indonesia

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya :) , Trimakasih atas Kunjungan nya juga

        Hapus
    5. ternyata banyak juga tari budaya indonesia ya mas ya....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas :) , Trimakasih atas Kunjungan nya :)

        Hapus
    6. tapi sayang ya sob minat para anak muda yg menonton sedikit mereka lbih senang nntn dibioskop malah.. :(

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya .. Jarang ke teater teater kaya gini ..

        Hapus
    7. wah keren nih lengkap info nya :)

      BalasHapus
    8. wah tentang seni budaya nih,,, wah banyak jenis2 teater nusantara yang bagus2 keren :D

      BalasHapus
    9. wah jadi menambah wawasan saya mengenai budaya di Indonesia nih, makasih sharingnya mas :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas trimakasih juga atas kunjungan nya :)

        Hapus
    10. Bagus sekali nih artikelnya, jadi nambah wawasan :)
      Makasih sob udah share :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas :) , Trimakasih atas Kunjungan nya juga :)

        Hapus
    11. Ada banyak ternyata, thanks ya udah share :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya :) , Trimakasih atas Kunjungan nya juga :)

        Hapus
    12. banyak juga ya
      nambah ilmu nih

      BalasHapus
    13. contoh untuk teater kecil ada gak ?

      BalasHapus
    14. Ada Teater Rakyat untuk 9 orang gak,, dan gampang diperankan

      BalasHapus
    15. Makasih yaaa udah di bantu..

      BalasHapus
    16. salam. boleh bantu saya? saya nak tahu apa beza teater bangsawan dengan teater sandiwara. terima kasih :)

      BalasHapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014