• Peranan Pemerintah dalam permasalahan Tenaga Kerja

    Hari ini saya akan membahas artikel ips lagi artikel ini adalah lanjutan artikel kemarin dengan judul Pemerintahan Orde Baru dan Lahirnya Reformasi .Sebelum membahs tentang peranan pemerintah dalam masalah tenaga kerja akan kita bahas terlebih dahulu tentang masalah tenaga kerja.



    1. Masalah tenaga kerja di indonesia.
    Sebagai negara yang sangat kaya akan kekayaan alam, Tingkat kemakmuran indonesia masih sangat dari yang diharapkan. Faktor penyebabnya sangat beragam dan kompleks. Namumn salah satu penyebab untamanya adalah tenaga kerja yang walaupun jumlahnya tinggi, namun masih kurang beraday guna.

    masalah tenaga kerja di indonesia cukup banyak dan menyakngkut bidang sosial,ekonomi,politik,hukum,kemanusiaan dan lain lain. Hal tiu ditangani oleh Departemen tenaga kerja dan transmigrasi. Berikut ini beberapa masalah yang berkaitan dengan ketatanegaraan.

    a. Tingkat penganguran tinggi
    penganguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan
    penyebbab dari penganguran adalah :

    - Jumlah tenaga kerja yang makin membengak tidak diimbangidengan perlusan lapangan kerja yang memadai

    - Tenaga kerja yang tidak bermutu serta memiliki keahlihan dan ketrampilan sesuai dengan tntutan dunia kerja akan menjadi penganguran
    - karena resesi ekonomi banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan.

    b. Kumlah tenaga kerja/angkatan kerja tinggi
    jumlah tenaga kerja maupun angkatan kerja di indonesia terus menerus meningkat seiring dengan pertmabahan jumlah penduduk. Laju pertambahan penduduk indonesia angat pesat , dengan demikian jumlah tenaga kerja maupun angkatan kerja pun berkembang pesat hal itu perlu diimbangi dengan perluasan lapangan kerja. Namun pertambahan lapangan kerja sedikit sekali. Akibatnya jumlah penganguran terus meningkat terutama penganguran terbuka

    c. Mutu tenaga kerja yang relatif rendah
    Sebagaian besar tenaga kerja indonesia berpendidikan rendah, dengan keahlian dan ketrampilan yang kurang memadai. Disamping itu faktor pengalaman yang kurang, sehingga sulit untuk mmeasuki dunia kerja. Hal tiu menimbulkan dampak sebagai berikut:

    - Tenaga kerja indonesia belum siap menghadapi persaingan SIDIV1 tingkat global.

    - Rendahnya Mutu tenaga kerja yang kana menyebabkan rendahnya produktivitas kerja dan menyulitkan pengelolaan sumber daya alam (SDA)

    - Tenaga kerja indonesia tidak siap memasuki dunia kerja.

    d.  Persebaran tenaa kerja/ angkatan kerja belum merata
    Sebagaina besar Tenaga kerja di indonesia berada di pulau jawa, sementara di daerah lain yang luas wilayahnya lebih besar masih kekurangan tenaga kerja. Terutama untuk sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan. Akibatnya di pulau jawa banyak terjadi penganguran sementara daerah lain masih banyak sumber daya alam yang belum dikelola dan dimanfaatkan secara meksimal karena kurannya tenaga kerja.

    e. Rendahnya upah buruh ( tenaga kerja )
    Upah buruh yang rendah umumnya terjadi pada sektor sektor pertanian , Industri industri kecil dan sektor infermal yang lain. Upah yang rendahn sering kali menjadi bahan perdebatan dan bahkan sering kali menjadi pemicu pemogokan para buruh.

    Sekina artikel dari saya semoga bermanfaat artikel tentang ips kelas 8 bisa anda baca di sini
  • 1 komentar:

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014