• Pemerintahan Orde Baru dan Lahirnya Reformasi - IPS

    Hari ini saya akan membuat artikel tentang pelajaran IPS dengan judul Pemerintahan Orde Baru dan lahirnya reformasi - IPS sebelumnya saya telah memposting sebuah artikel dengan judul Bentuk Bentuk Hubungan Sosial - Materi IPS  . Dan berikut artikelnya


    Tenaga Kerja Sebagai sumber daya dalam kegiatan Ekonomi

    Apayang dimaksud dengan tenaga kerja? Tenaga kerja merupakan faktor produksi yang penting bagi setiap negara, Di samping produksi alam dan modal. Tenaga kerja juga merupakan salah satu faktor produksiyang,turut menentukan besar kecilnya pendapatan nasional . Oleh karena itu pemerintah perlu melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dan memberikan perhatian terhadap masalah ketenagakerjaan di indonesia.

    Jika Jumlah tenaga kerja tidak sebanding dengan lapangan kerja yang ada, hal itu akan menimbulkan pengangguran, Yang berdampak negatif pada kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat. Jadi dalam dunia perekonomian masalah ketenagakerjaan sangat pentinh karena bukan hanya meyangkut kepentingan tenaga kerjadengan pengusaha , tetapi juga menyangkut lkepentingan pemerintah dan masyarakat.
    Oleh karena itu pentingnya peranan Tenaga kerja, Maka ketenagakerjaaan diatur dalam peraturan perundan undangan no 13 tahun 2003.


    A. Masalah Tenaga kerja dan Angkatan Kerja Di Indonesia

    1. Tenaga kerja 

    Adalah pendudukyang telah mencapai usia kerja dan mampu melakukan pekerjaan, guna menghasilkan barangjasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan masyarakat. 

    Penduk dapat dikelompokan menurut umur sebagai berikut:
    a. Penduduk yang berumur dibawah umur 15 tahun, Termasukk penduduk non produktif (dibawah usia kerja)
    b. Penduduk yang berumur 15-65 tahun, termasuk penduduk produktif (usia kerja).
    c. Penduduk yang berusia diatas 65 tahun, termasuk penduduk non produktif ( diatas usia kerja)

    Tenaga kerja=Angkatan kerja +bukan angkatan kerja

    2. Angkatan kerja

    Angkatan kerja erat kaitan nya dengan jumlah penduduk , Karena ukuran besarnya angkatan kerja sangat dipengaruhi pertumbuhan pendiuduk yang sudah memasuki usia kerja. Jika jumlah penduduk semakin bertamah, Berarti jumlah penduduk angkatan kerja selalu meingkat. Adapun pengertian angkatan kerja adalah: Penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja, belum bekerja atau sedang mencari kerja.

    Jadi angkatan kerja ini merupakan golongan tenaga kerja yang bekerja atau sedang mencari  pekerjaan.
    Sedangkan penduduk usia bekerja yang tidak bekerja dan tidak mencari pekerjaan  disebut bukan angkatankerja.

    Golongan Angkatan kerja dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
    A. Bekerja Penuh
    B. Pengangguran/sedang mencari pekerjaan.

    Yang dimaksud dengan bekerja penuh adalah angkatan kerja yang aktif mengembangkan tenaganya dalam kegiatan produksi.

    Penganguran/sedang mencari pekerjaan dibedakan menjadi 3, yaitu:
    - penganguran terbuka (open un employment)
    - penganguran setengah ( under un employment )
    - Pengngguran tersembunyi (disquise employment )

    Pengertian nya :

    A. Penganguran terbuka atau open un employment 
    Adalah Penduduk yang sama sekali tidak bekerja tetai sedang mencari pekerjaan.

    B. Setengah pengangguran atau Under employment
    Adalah Pengngguran yang terjadi apabila tenaga kerja tidak bekerja secara  optimumkarena ketiadaan lapangan kerja atau dilihat dari jam kerjanya dalam 1 mingggu kurang dari 35 jam.
    Contohnya : Seorang petani setelah menanam padiya, Kemudian di tinggal menganggur menunggu musim menyiangi dan musim panas.

    C. Pengangguran tersembunyi atau disquise employment
    adalah tenaga kerja yang bekerja tidak optimum, Karena kelebihan Tenaga kerja.
    Contohnya sebidang sawah yang seharusnya dapat diselesaikan ( di garap ) oleh lima orang. Tetapi dikerjakan oleh sepluh orang dengan demikian kelebihan tenaga kerja lima orang. Lima orang itulah yang dimaksud dengan pengangguran tersembunyi.

    3. TIngkat Partisipasi Angkatan Kerja ( TPAK)

    Untuk mengukur presentase partisipasi angkatan kerja dalam dunia kerja digunakan indikator yaitu TPAK.
    Yang dimaksud dengan TPAK adalah angka yang menunjukan besarnya partisipasi angkatn kerja atau presentase perbandungan angkatan kerja dengan tenaga kerja.

    4. Kesempatan Kerja
    Di negara kita sendiri yaitu Indonesia masalah kesempatan kerja dijamin UUD 1945 pasal 27 ayat 2 yang berbunyi: Tiap tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
    Dengan demikian  pemerintah mendapat tugas menciptakan lapangan kerja sebanyak mungkin dan dengan upah yang memadai untuk memebuhi kebutuhan hidup penduduk beserta keluarganya.

    Kesempatan kerja adalah lowongan pekerjaan yang dapat diisi oleh pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan atau banyaknya lapangan kerja yang tersedia untuk menyerap angkatan kerja yang ada.


    5. Perluasan kesempatan kerja

    Perluasan kesempatan kerja dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kegiatan ekonomi yang sudah ada maupun dengan menambah kegiatan ekonomi yang baru. Jadi usaha perluasan kesempatan kerja dilakukan dengan dua cara. dua cara itu adalah berikut:

    A. pembukaan dan pengenmabangan  sektor industri dengan membuka pabrik pabrik baru yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta.
    B. Penyeleggaraan proyek umum oleh pemerintah melalui padat karya. Misalnya membuat Jalan, Saluran, dan lainya.

    Sekian artikel dari saya tentang Pemerintahan Orde Baru dan lahirnya reformasi - IPS . Materi selanjutnya akan saya tuliskan dengan judul Peranan pemerintah dalam permasalahan tenaga kerja.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014