• Materi Fisika - Pengertian Berat

    Febrian.web.id hari ini saya memposting Materi Fisika - Pengertian Berat . Sebelumnya saya telah memposting tentang fisikia dengan nama Pengrtian gaya dan hukum hukum newton, Ini bisa dikatakan adalah lanjutan materi yang saya berikan sebelumnya ( gaya dan hukum hukum newton ) Dan berikut adalah artikel tentang Materi Fisika - Pengertian Berat .


    Berat 

    Apa yang dimaksud dengan berat ? Berat merupakan besar gaya gravitasi bumi terhadap benda atau hasil kli massa dan percepatan gravitasi bumi . Berat tidak sama dengan massa . dan berikut adalah perbedaan berat dan massa :


    Berat  Massa
    Nilai bergantung pada besar percepatan  gravitasi Nilai nya selalu tetap di mana pun berada
    Merupakan Hasil kali masa dan percepatan gravitasi  merupakan Jumlah materi yang dimiliki oleh benda

    Hubungan massa dan berat:

    W = m x g 

    w = berat (N)
    m = massa (kg)
    g = percepatan gravitasi (m/s2)

    Nilai percepatan gravitasi bumi sering dipakai yaitu 9,8 m/s2. Nilai percepatan gravitasi bumi di tiap tempat belum tentu sama tergantung jarak benda terhadap pusat bumi. Semakin dekat ke pusat bumi maka nilai percepatan gravitasi akan semakin besar sehingga berat benda bertambah. ( benda paling berat ketika berada di kutub bumi dibandingkan jika benda berada di khatulistiwa karena bentuk bumi yang bulat pepat menyebabkan jarak kutub ke pusat bumi lebih dekat dibandingkan dengan jarak benda dari katulistiwa ke pusat bumi)
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014