• Masalah Pengangguran - Materi IPS kelas 8

    Masalah Pengangguran - Febrian.web.id Hari ini saya akan memposting artikel tentang ips dengan materi Masalah Pengangguran di indonesia . yang akan saya jelaskan di sini adalah tentang jenis penganguran dan Dampak penganguran terhadap kegiatan ekonomi dan lingkungan dan selain itu juga akan mengepost tentang contoh contoh nya . Artikel ini adalah lanjutan artikel kemarin dengan judul Peranan Pemerintah dalam permasalahan Tenaga Kerja . Dan berikut artikel dari materi yang akan kita bahas hari ini. 
     
     

    Masalah Penganguran

    Salah satu permasalahan ketenagakerjaan yang sering muncul adalah masalah penganguran. Penganguran hampir ada disetiap negara , hanya perbedanya terletak pada angka  penganguran tinggi atau rendah. Penganguran tidak dapat dihapuskan melainkan hanya dikurangi. penganguran terjadi karena kurang tersedinyanya lapangan kerja di bidang dengan banyaknya angkatan kerja.
    Apabila tingkat penganguran tinggi maka sumber daya manusia terbuang percuma sehingga tingkat pendapatan masyarakat menurun. Hal ini akan membawa dampak negatif bagi masyarakat. sebaliknya apabila tingkat penganguran itu rendah, jelas akan membawa dampak positif bagi masyarakat dan negara, sehingga terwujud kemakmuran yang merata di negara tersebut.

    1. Jenis pengangguran

    a. menurut sifatya 


    dibedakan menjadi tiga yaitu:
    1) penganguran terbuka
    2) setengah penganguran
    3) penganguran tersembunyi


    b. Menurut penyebabnya

     
    1) Penganguran struktral
    Penganguran struktural adalah penganguran yang disebabkan oleh berubahnya struktur ekonomi. penganguran ini merupakan jenis penganguran yang banyak terjadi di negara berkembang.
     
    Contohnya : penggunaan mesin traktor alam menggarap sawah di sejumlah negara berkembang,akan menimbulkan penganguran tenaga, berarti menimbulkan banyak penganguran dikalangan buruh tani.
     
    2) Penganguran Siklikal ( siklus/konjungtur)
    adalah penganguran yang berkaitan dengan naik turunnya kegiatan perekonomian suatu negara. Contohnya suatu ketika perekonomian negara mengalami masa pertumbuhan (meningkat), di saat lain mengalami resesi (menurun) atau bahkan depresi,seperti resesi ekonomi yang melanda indonesia tahun 97, sehingga kegiatan ekonomi menurun.

    3) Penganguran musiman
    Penganguran musiman adalah penganguran yang terjadi secara berkala dalam industri tertentu yang terjadi pada waktu atau musim tertentu . Contoh :
     
    a) Pekerja penebang tebu yang hanya bekerja pada musim panen tebu, saat tebu selesai ditebang pekerja ini mengangur lagi.
     
    b) Para tukang dan buruh banguan digunakan oleh kontraktor ketika ada proyek bangunan, seperti membangun gedung atau perumahan. stelah menyelesaikan proyek mereka (para tukang) mengangur kembali.
     
    c) Petani yang hanya bekerja pada musim hujan dan akan mengangur pada musim kemarau.

    4) pennganguran friksional
    Adalah penganguran yang disebabkan karena kesulitan waktu dalam mempertemukan pencari kerja dengan lowongan kerja 

    5) Penganguran teknologi 
    Adalah penganguran yang disebabkan kemajuan teknologi yang memungkinkan beberapa tenaga manusia dihganti dengan mesin (mekanisme). Akan tetapi akibat penggunaan mesin pemanfaatan tenaga manusia berkurang, sehingga menimbulkan banyak jumlah penganguran.

    2. Dapak Penganguran Terhadap kegiatan Eknomi dan Lingkungan


    a. Menurunnya pendapatan negara
    b. Standar hidup masyarakat menurun
    c. menurunnya hasil produksi
    d. Kegiatan ekonomi dan investasi menurun 
    e. Meningkatnya biaya sosial
    f. meningkatnya kriminalitas dan kerawanan sosial
    g. beban psikologis seseorang

    Akibat dari mengangur bisa menimbulkan ketidak stabilan emosi, dan berakhir dengan depresi.

    Terimakasih semoga bermanfaat . Silahkan baca artikel seputar ilmu pengetahuan di sini . Semoga artikel dengan judul Masalah Pengangguran - Materi IPS kelas 8 bermanfaat.
  • 2 komentar:

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014