• Macam-macam Lembaga Pengendalian Sosial Materi IPS

    Febrian.web.id Hari ini saya akan memposting sebuah artikel lagi yiatu tentang pelajaran ips kelas 8 dengan materi lembaga lembaga pengadilan sosial . Ini bisa jadi adalah lanjutan artikel kemarin dengan judul Cara Cara pengendalian sosial Materi .   Dan Berikut adalah artikelnya tentang Lembaga Lembaga Pengendalian Sosial Materi IPS kelas 8 Yang di ambil dari lks ips terpadu.

    Macam-macam Lembaga Pengendalian Sosial Materi IPS
    Macam-macam Lembaga Pengendalian Sosial Materi IPS 


    Berikut adalah Lembaga Pengendalian Sosial : 

    Lembaga Pengendalian sosial berperan sebagai pedoman dalam menciptakan pengendalian sosial. jenis jenis lembaga pengendalian sosial sebagai berikut :

    1. Keluarga > Keluarga merupakan lembaga pengendalian sosial primer yang merupakan tempat pertama membentengi anggota keluarga atauanggota masyarakat untuk tidak melakukan penyimpangan sosial.

    2. kepolisian > kepolisian bertugas memelihara keamanan dan ketertiabn umum dan mengambil tindakan terhadap orang orang yang melanggar aturan dan undang undang yang berlaku.

    3. Pengadilan > Pengadilan menangani ,menyelesaikan,dan mengadili dengan memberikan sanksi yang tegas terhadap perselisihan atau tindakan yang melanggar aturan dan undang undang yang berlaku . Kepolisian , pengadilan ,adat dan tokoh masyarakat termasuk lembaga pengadilan sosial sekunder.

    4. Adat > adat istiadat berisi nilai ,norma,kaidah,sosial yang di pahami,diakui,dijalankan dan dipelihara secara terus menerus. Maka istilah adat istiadat sama artinya dengan sistem nilai budaya. Adat istiadat sebenarnya merupakan hukum yang mengendalikan perliaku masyarakat setempat agar tidak menyimpang. Adat sebagai alat pengendalian sosial memiliki tingkatan sebagai berikut :

    A. Tradisi merupakan adat yang melebaga dan sudah berjalan lama dan secara turun menurun.

    B. Upacara merupakan adat istiadat yang dipakai dalam masyarakat hal-hal yang resmi.

    C. Etika Merupakan tata cara dalam masyarakat dan merupakan bentuk sopan santun dalam uapaya memelihara ubungan baik antara sesama manusia.

    D. Folkways meruapakan adat kebiasaan yang dijalankan dalam masyarakat sehari hari karena dianggap baik dan menyenangkan

    E. Mode merupakan adat yang lazim berisi kebiasan kebiasaan dan bersifat sementara.


    5. Tokoh Masyarakat > tokoh masyarakat adalah warga masyarakat yang memiliki kemampuan, pengetahuan , perilaku , usia ataupun kedudukan yang oleh anggota masyarakat lainya dianggap sebagai tokoh atau pemimpin masyarakat yang baik. Jika Terjadi penyimpangan atau perselisihan antar warga dapat diselesaikan oleh tokoh masyarakat tersebut .

    Terimakasih sekain artikel saya tentang Lembaga Lembaga Pengendalian Sosial Materi IPS kelas 8 Semoga bermanfaat bagi anda .
  • 10 komentar:

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014