• Cara Cara pengendalian sosial Materi IPS kelas 8

    Halo hari ini saya akan memposting tentang artikel IPS dengan judul Cara Cara pengendalian sosial Materi IPS kelas 8  Sebelumnya saya sudah membuat posting tentang Pengertian pengendalian sosial . dan berikut adalah artikel tentang Cara Cara pengendalian sosial Materi IPS kelas 8 .


    Cara Cara pengendalian sosial :


    1. Pengendalian dengan kekerasan ( koersif) > pengendalian secara koersif biasanya  menimbulkan dampak negativ. Pengendaliian Koersif Dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
    a. Kompulsi, yaitu situasi yang di ciptakan sedemikian rupa sehingga seseorang terpaksa taat  atau mengubah sifat dan menghasilkan kepatuhan secara tidak langsung.
    b. Perfasi, Yaitu penanaman norma norma yang ada secara berluang ulang sehingga diharapkan dapat masuk ke dalam kesadaran seseorang.

    2. Pengendalian tanpa kekerasan ( persuasif) > pengendalian persuasif lebih tepat dilaksanakan dalam suatu masyarakat yang berada dalam  suasanadamai dan tentram, karena dengan cara persuasif masyarakat dapat didorong untuk mematuhi nilai dan norma.
    Selain itu cara cara pengendalian sosial yang biasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya antara lain : ejekan,gosip atau desas desus, ostrasisme (mendiamkan atau mengacuhkan seseorang yang ada dalam kelompoknya dan tidak mengajakannya berbicara atau bertegur sapa) , teguran,intimidasi,pendidikan,agama,kekerasan fisik dan hukuman.

    Terimakasih sekian artikel dari saya tentang ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas 8 dengan judul Cara Cara pengendalian sosial . Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda . artikel ini di ambil dari buku ips terpadu.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014