• Asal Usul dan Pertumbuhan Musik Keroncong

    Hari ini saya akan memberikan suatu Sejarah atau asal usul tentang Musik Keroncong Yang muncul di indonesia. berikut adalah Asal usulnya : 
     
     
     
    Secara pasti tidak ada catatan sejarah yang memberikan keterangan tentang kapan lahirnya jenis musik keroncong di indonesia. Akan tetapi. ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa msuik keroncong sesungguhnya bukan merupakan musik asli indonesia , melainkan salah satu bentuk musik serapan dari musik tarian orang orang portugis yang dulu pernah tinggal di batavia.
     
    Masyarakat tradisional betawi pada masa lalu merupakan masyarakat yang terbuka dan suka dengan seni. Apa pun jenis kesenian yang mereka hadapi, Selama hal itu baik dan menyenangkan, maka mereka akan memberikan apresiasi yang baik pula.
     
    Alkisah, di daerah kemayoran pada masa lalu tinggallah sekelompok warga berbangsa portugis yang hampir setiap akhir pekan selalu berkumpul dan mengadakan pesta. Pada pesta tersebut, merka sering melakukan tarian tarian gembira di halaman rumah dengan diirini alat alat musik seperti gitar,cello,dan biola. Warga masyarakat pribumi yang tinggal di sekitar pemukiman bangsa portugis tersebut sering menonton pesta tersebut dan mencoba menirunya pada kesempatan yang lain.

    musik yang dimainkan oleh orang orang portuhis itu kemudian dicoba dimaimkan sendiri dengan menggunakan alat musik ukulele dan gitar. Hasilnya memang jadi berbeda dari aslinya . Mereka menamai musik itu dengan nama keroncong. Nama keroncong sendiri sebenarnya tidak memiliki hubungan secara angsung dengan jenis musik yang mereka tiru. Nama itu diambil karena pada umumnya para wanita bangsa portugis itu selalu memakai gelang gelang keroncong di lengannya. 

    Ingat akan perhiasan tersebut, maka jadilah nama perhiasan tersebut menjadi nama musiknya . Sedangkan jenis musik yang sering dimainkan oleh orang orang portugis tersebut sesungguhnya adalah musik tarian Moretska.

    Jenis musik baru yang dimainkan oleh pemuda pemuda dari kampung portugis tersebut kemudian menyebar ke segala pelosok batavia dan mulai digemari sebagai musik yang sering mereka mainkan pada saat saat senggang atau saat berkumpul pada malam hari.

    Lambat laun, Jenis musik keroncong tersebut kemudian menyebar melalui pertunjukan pertunjukan tonil (sandiwara) sehinga banyak dikenal. Dari pertunjukan pertunjukan tonil inilah kemudian dikenal bentuk bentuk stambul 1 dan stambull 2 sebagai salah satu bentuk pola lagu dalam musik keroncong. Nama stambul sendiri sesungguhnya diambil dari nama kota di turki, yaitu istambul, sebagai salah satu kota sumber cerita yang dipentaskan  oleh kelompok-kelompok sandiwara keliling tersebut.

    warna musik keroncong kemudian dikembangkan dengan memasukan pola pola pukulan yang biasa digunakan dalam gamelan jawa, Sehingga lahirlah bentuk bentuk musik langgam yang merupakan bentuk lagu keroncong yang memiliki kebebasan dalam pola dan bentuk penyajian. bentuk inilah yang kemudian berkembang hingga sekarang di samping bentuk bentuk keroncong asli yang tetap dipertahankan.

    Sekian terimakasih semoga bermanfaat artikel saya dengan judul Asal Usul Dan pertumbuhan Musik Keroncong . atau sejarah nya . Sejarah singkat musik keroncong .
  • 15 komentar:

    1. jadi keroncong itu awalnya dari bangsa portugis yaa sob
      waah baru tau nih, saya kirain asli dari indonesia :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya bener .. keroncong itu asalnya dari orang orang portugis yang sedang pesta lalu masyarakat di betawi mengikuti nya dengan bentuk yang berbeda :)

        Hapus
    2. asal usul tentang Musik Keroncong memang oke
      thanks udah share

      saya udah back gaan

      BalasHapus
    3. wah, kirain asli indonesia deh ...

      BalasHapus
    4. Skarang sudah jarang sekali anak muda Indonesia yang menekuni musik keroncong ini, padahal lagu Gesang bengawan solo bisa terkenal sampe ke luar negeri :)

      BalasHapus
    5. wew ternyata aslinya dari none-none belande yee? wah bukan asli Indonesia ternyata

      BalasHapus
    6. wah ternyata musik keroncong itu bukan asli indonesia :3
      baru tau ane :3
      thanks infonya :)

      BalasHapus
    7. wuih, ane baru tau nih asal-usulnya. padahal, ane tau keroncong udah lama. tapi, tau asal-usulnya baru sekarang..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya... sebetulnya sama ... saya juga belum tahu .. waktu saya baca dari buku dan saya tulis ke blog akhirnya tau kalau musik keroncong asalnya dari org portugis

        Hapus

    ADDRESS

    Muara Sarana Indah Real Estate, Malang Regency

    EMAIL

    Achmadfebrian2000@gmail.com

    MOBILE

    +62 859 665137 014